Doktor Rumende Hadirkan Pakar Teknologi Spermatozoa pada Kuliah Tamu Jurusan Biologi FMIPA Unsrat

Doktor Rumende Hadirkan Pakar Teknologi Spermatozoa pada Kuliah Tamu Jurusan Biologi FMIPA Unsrat

MANADO, (manadotoday.co.id) – Jurusan Biologi Fakultas MIPA UNSRAT Manado menggelar kuliah tamu dengan topik teknologi perkembangan oosit, Senin (15/11/2021).

Kuliah tamu dilaksanakan secara virutal dan menghadirkan dua narasumber yakni Dr Agustinus SpAnd (K) dari Surabaya yang juga  anggota PERSANDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia) dan Aulia PA Yekti SPt MP MSc dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang.

Ketua Panitia Kuliah Tamu Doktor Adelfia Papu SSi MSi mengatakan, kegiatan kuliah tamu dilaksanakan dua kali, pada Sabtu 13 November 2021 dengan menghadirkan pakar oosit dan pada Senin 15 November 2021 dihadirkan pakar spermatosit.

“Menariknya kuliah tamu hari ini membicarakan mekanisme pemisahan spermatozoa (sexing) untuk mendapatkan jenis kelamin anak yang diharapkan,”ujar Adelfia Papu.

Sementara Ketua jurusan Biologi FMIPA Unsrat Manado Doktor Rooije RH Rumende SSi MKes menyampaikan, materi ini yang dibawa dalam kuliah tamu tersebut berkembang di kalangan akademisi reproduksi, hingga saat ini belum ada teknologi yang digunakan untuk menentukan jenis kelamin anak yang diharapkan.

“Kalaupun ada, teknologinya masih ada kendala kendala yang perlu dibenahi untuk keberhasilan menjawab keinginan masyarakat dalam mendapat jenis kelamin anak yang diharapkan,” ujar Doktor Rumende yang merupakan calon kuat Dekan FMIPA yang membidang bidang ilmu biologi reproduksi alami S3 tahun 2007.(ten)