Senator SBANL Support Ekspor Krisan Tomohon 2024

Krisan, Tomohon, SBANL, Kementerian Pertanian, Caroll Joram Azarias Senduk
Senator Ir Stefnus BAN Liow MAP dalam FGD Pengembangan Krisan di Show Window

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Daerah Pemilihan (Dapil)  Sulawesi Utara Ir Stefanus Berty Arnicotje Nicolas Liow MAP (SBANL) mendukung sepenuhnya rencana ekspor Bunga Krisan dari Kota Tomohon pada tahun 2024.

Menurut SBANL, Kota Tomohon memiliki potensi besar untuk melakukan ekspor Bunga Krisan. ‘’Kami mendorong Kementerian Pertanian RI untuk menjadikan Kota Tomohon sebagai pusat pengembangan benih atau sentra benih Bunga Krisan,’’ katanya dalam Fokus Group Discussion FGD) Pengembangan Krisan yang dilaksanakan di Show Window Tomohon Utara Senin (18/10/2021).

Pihaknya lanjut Stefa—sapaan akrab SBANL, mendorong Kementerian Pertanian RI mengalokasikan anggaran dengan dokus pengembangan Bunga Krisan di Kota Tomohon, sekaligus memberikan dorongan kepada Kementerian Pertanian untuk menyukseskan ekspor Bunga Krisan Tomohon.

Kementerian Pertanian adalah mitra Komite II DPD-RI. Sebagai anggota Komite II DPD-RI utusan Sulawesi Utara, SBANL terus menjembatani program daerah ke pusat.

‘’Dalam rapat kerja dengan Kementerian Pertanian, saya telah menyurat dan menyampaikan langsung untuk menaruh perhatian dan kepedulian untuk petani di Sulawesi Utara, salah satunya pengembangan bunga di Kota Tomohon,’’ kata Stefa.

Untuk menyukseskan ekspor bunga, Stefa meminta kepada pemerintah dan petani di Kota Tomohon untuk mempersiapkan rencana ekspor tersebut. Kpeada Kementerian Pertanian diminta juga untuk menyediakan sarana dan prasarana untuk pengembangan Bunga Krisan di Kota Tomohon.

Sementara Wali Kota Tomohon caroll Joram Azarias Senduk SH mengapresiasi pihak Kementerian Pertanian dan DPD-RI dalam hal ini Komite II yang terus menyeriusi pengembangan Bunga Krisan di Kota Tomohon.

‘’Sebagai pemerintah, tentunya kami akan memberdayakan dan mengembangkan potensi yang dimiliki, antaranya bunga yang menjadi salah satu andalan Kota Tomohon,’’ kata wali kota.

Hadir dan tampil sebagai sebagai narasumber pada FGD Dr Ir M Prama Yufdy MSc, Dr Ir Fitri Rachmawati, Dr Erniawati Diningsih, Ketua Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) Tomohon Piet HK Pungus SPd, calon eksportir Ir Darius Senduk serta penangkar Indra Salam. (ark)