Kabupaten Minsel Pilot Project Pembangunan Industri Kelapa

Kabupaten Minsel Pilot Project Pembangunan Industri Kelapa

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) bakal menjadi salah satu daerah di Indonesia sebagai Pilot Project Nasional Pembangunan Industri Kelapa. Ini menyusul Kabupaten Minsel merupakan salah satu daerah terbesar penghasil tanaman Kelapa di Provinsi Sulawesi Utara.

“Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, pada FGD dipimpin oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunun Sektor Unggulan dan Infrstruktur Bappenas, Bapak Leonardo Adypurnama Alias Teguh Sambodo, SP, MS, Ph.D, belum lama ini menetapkan Minsel dan Kabupaten Indra Giri Hilir menjadi Pilot Project Nasional untuk pembangunan industri kelapa,” terang Kepala Dinas Kominfo Tristianto Rumengan.

Selain ditetapkan sebagai pilot project pembangunan Industri Kelapa juga akan ditindaklanjuti dengan konsep penggantian kelapa dengan kelapa yang dapat dipanen di bawah 5 tahun dan berukuran pendek seperti kelapa Bido.

“Nah program yang merupakan bagian dari perjuangan Bupati Franky Donny Wongkar di pemerintah pusat, diharapkan dapat sinergi dengan progran pariwisata seperti Desa Wisata Kelapa dan Kuliner berbahan kelapa ” terangnya.

Ditetapkannya Kabupaten Minsel sebagai Pilot Project Pembangunan Industri Kelapa, disyukuri Bupati Franky Donny Wongkar.

Bupati yang akrab disapa FDW ini berharap program pilot project ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dilaksanakan dengan kerja bersama agar berhasil.

“Sebab jika berhasil menurut Bapak Bupati berdampak kepada seluruh masyarakat petani kelapa,” tukasnya. (*/lou)