Eman Serahkan Sertifikat 150 Bidang Tanah di Kota Tomohon

sertifikat, Jimmy Feidie Eman, Jokjo Widodo
Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE AK CA menyerahkan sertifikat tanah

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA Senin (9/11/2020) menyerahkan sertifikat tanah kepada 150 penerima di 3 kelurahan, masing-masing Kelurahan Kampung Jawa, Kakaskasen Satu dan Kamasi Satu.

Penyerahan yang dilaksanakan di Pendopo Mal Pelayanan Publik Wale Kabasaran, diserahkan secara simbolis kepada 25 orang yakni 5 Kampung Jawa dari 30 bidang tanah, Kakaskasen Satu 10 orang dari 65 bidang tanah dan Kamasi Satu 10 dari 55 bidang tanah.

Saat penyerahan yang dirangkaikan dengan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2020, wali kota didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kota Tomohon Christanto Roberto Bulamey SH dan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh.

Penyerahan dilakukan serentak di 201 kabupaten dan kota serta 31 provinsi di Indonesia termasuk Kota Tomohon secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Negara.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan, untuk seluruh Indonesia satu juta sertifikat adalah jumlah yang sangat besar. ‘’Mengingat sebelum program ini setiap tahun sebelum 2017, setiap tahun kita hanya keluarkan kurang lebih 500 ribu di seluruh Indonesia,’’ kata presiden.

Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat kata presiden, untuk mengurus sertifikat tanah harus cepat dan mudah. Target 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia harus memiliki sertifikat termasuk tempat-tempat ibadah seperti Masjid, Gereja, Pura, semuanya harus sudah bersertifikat.

Wali Kota Tomohon memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat melalui badan pertanahan atas penyerahan sertifikat ini yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan covid-19. (ark)