Bukan Hanya Slogan, Senator SBANL Implementasikan Program Bakobong

Stefanus BAN Liow, DPD-RI, BULD, bakobong
Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP implementasikan program bakobong

TOMOHON, (mansdotoday.co.id)–Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) langsung mengimplementasikan program bakobong yang dicanangkan pemerintah maupun organisasi gereja dalam hal ini GMIM.

Setiap selesai dengan tugas-tugasnya di DPD-RI, menyempatkan diri untuk mengolah kebun. Baik menanam tanaman hortikuktura, palawija maupun pohon berupa buah dan kopi.

”Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan di kebun. Saya juga merasa bugar ketika beraktifitas di kebun,” ungkap Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD-RI Sabtu (4/2/2023).

Suami tercinta Ir Miky Junita Linda Wenur MAP (MJLW) ini mengajak masyarakat untuk menyukseskan program pemerintah yakni bakobong.

Stefanus BAN Liow, bakobong, DPD-RI
Selain menanam palawija dan hortikultura, Senator SBANL juga menanam pohon dan buah-buahan

Di sisi lain, SBANL juga meminta kepada pemerintah agar memfasilitasi masyarakat dalam hal pengadaan pupuk maupun bibit agar program bakobong bisa sukses.

Memang lanjut Senator Stefanus Liow, saat ini sudah ada upaya dari masyarakat untuk membuat pupuk organik dalam mengatasi kesulitan pupuk kimia seperti saat ini.

”Sudah ada upaya dari masyarakat maupun penggiat pertanian yang memproduksi pupuk organik. Tapi masih terbatas. Untuk itu perlu uluran tangan dari pihak terkait seperti pemerintah,” katanya.

Senator SBANL Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2014-2018 yang kini Penasehat Panji Yosua dan P/KB Sinode GMIM Periode 2022-2027 mengajak untuk mendukung program ayo bakobong dan menanam yang dicanangkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Ketua BPMS GMIM Pdt Dr Hein Arina dalam rangka ketahanan dan kedaulatan pangan serta meningkatkan nilai tambah ekonomi keluarga sekaligus mengantisipasi krisis global. (ark)