BPJS Nilai Pemkot Tomohon Paling Perhatikan Kesehatan Masyarakat

Tomohon, Jimmy Feidie Eman, BPJS
Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Paling komitmen membayar iuran di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Bidang Kesehatan, Kota Tomohon disebut paling memperhatikan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano Efran Chandra Nugraha. Dari 9 kabupaten dan kota di Wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Tondano, baru Kota Tomohon yang membayar iuran hingga Desember 2020.

‘’Artinya, Kota Tomohon yang paling memperhatikan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan. Ini sangat kami apresiasi. Tak ada tunggakan selama ini,’’ ujar Efran.

Apa yang dilakukan p[emerintah Kota Tomohon lanjutnya, patut dicontohi oleh kabupaten dan kota lainnya.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA melalui Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh mengatakan, memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat menjadi prioritas Pemkot Tomohon. ‘’Ini sudah menjadi komitmen Pak Wali Kota dalam mensejahterakan masyarakat Kota Tomohon,’’ tandas Lolowang seraya berharap masyarakat Tomohon bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan yang sudah dibayar pemerintah kota.

Bukan hanya di bidang kesehatan, pemeirntah Kota Tomohon juga terus berupaya memberikan pelayanan prima di berbagai bidang.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Tomohon, Drs Gerardus E Mogi mengungkapkan, iuran peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) tahun 2020 berjumlah Rp13.600.000.000. Yang digunakan hanya Rp10.149.604.500 untuk 27.000 jiwa.

‘’Ya, kami menganggarkan sebesar 13,6 Miliar untuk mengantisipasi jangan-jangan terjadi kenailkan iuran. Karena hanya digunakan sebesar 10,149 Miliar, yang tidak digunakan dikembalikan ke kas daerah,’’ tukas Mogi. (ark)