Diterima ROR-RD, Pjs. Gubernur Sulut Agus Fatoni Kunker di Minahasa

Diterima ROR-RD, Pjs. Gubernur Sulut Agus Fatoni Kunker di Minahasa

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara DR. Drs. Agus Fatoni, MSi, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Minahasa, Selasa, (13/10/2020).

Kunker bersama Forkompimda diterima langsung Bupati Royke Oktavianus Roring (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, di Aula Benteng Moraya Tondano.

Bupati Minahasa dalam sambutannya melaporkan secara singkat profil Kabupaten Minahasa yang akan memasuki 592 tahun pada 5 November mendatang serta Potensi Kabupaten Minahasa termasuk komoditas unggulan seperti cengkih dan kelapa.

Disamping itu Bupati juga menyampaikan beberapa program strategis yang telah dilaksanakan selama menjabat bersama wakil bupati, antara lain mencover masyarakat Minahasa melalui program BPJS kesehatan walaupun saat ini memang menjadi beban berat karena iurannya mengalami peningkatan hampir 100% dan perubahan kebijakan akibat Covid-19.

Pemberian dana duka, bantuan seragam sekolah bagi anak-anak yang akan masuk sekolah SD dan SMP, pemberian insentif setiap bulan bagi tokoh agama, mengcover perangkat desa/kelurahan serta THL dalam program BPJS Ketenagakerjaan, mencover pekerja informal melalui program mapalus BPJS Ketenagakerjaan, bantuan bagi masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran maupun bencana alam, serta program-program pembangunan lainnya di semua sektor.

“Berkaitan dengan penanganan Covid-19, Pemerintah bersama Forkopimda Minahasa bersinergi untuk melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, yaitu dengan gerakan sejuta masker diadakan oleh Pemda, Dana Desa serta bantuan dari berbagai pihak, penyiapan 2 unit rumah singgah dengan kapasitas 66 kamar, pelaksanaan Rapid test masal ditempat berkumpulnya masyarakat seperti di pasar, pusat pelayanan dan terminal, pelaksanaan swab masal di beberapa titik, dan memberikan bantuan sembako, bantuan sosial tunai, bantuan langsung tunai kepada masyarakat terdampak Covid-19 , ” jelas Bupati.

Bupati juga tak lupa memaparkan Kondisi kehidupan masyarakat Minahasa sampai saat ini hidup rukun dan damai, meskipun berasal dari berbagainlatar belakangvyabg berbeda.

“Ini semua berkat topangan FKUB Minahasa dan seluruh masyarakat.Sementara­ untuk tahapan pelaksanaan Pilkada serentak dikabupaten Minahasa sampai saat ini berlangsung dengan baik,” ujar Roring seraya menyampaikan apresiasi atas kunjungan Pjs Gubernur Sulut Agus Fatonibdan Forkompimda.

Turut hadir, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Polisi Drs. Panca Putra Simanjuntak, MSi, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Andi Muh Iqbal Arief, SH.MH, Danlantamal VIII Brigjen TNI Marinir Donar Philip Rompas, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, SH, Mewakili Danlanud Sri, mewakili Ketua Pengadilan Tinggi, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S,Sos, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Herberth Andi Amino Sinaga, SIP, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani, SH, MKn, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST. Iko sudjatmiko, SH, MH, Ketua KPU Minahasa Lord Malonda, Ketua Panwaslu Minahasa, FKUB Kabupaten Minahasa dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa. (rom)