Buka Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar TA 2020, Dandim 1302/Minahasa Ingatkan Netralitas di Pilkada 2020

Buka Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar TA 2020, Dandim 1302Minahasa Ingatkan Soal Netralitas di Pilkada 2020

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Komandan Kodim 1302/Minahasa Letnan Kolonel Inf Herbeth Andi Amino Sinaga SIP, membuka secara resmi kegiatan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), yang diselenggarakan di Aula Makodim Jalan Manguni, Kelurahan Sasaran, Kecamatan Tondano Utara, Senin, (12/10/2020).

Saat membuka kegiatan tersebut Dandim 1302 Minahasa, mengingatkan jajarannya untuk mendukung pemerintah daerah dalam mensukseskan agenda pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yangvrencananya akan dihelat pada 9 Desember 2020 mendatang.

” Kedepan kita akan menghadapi pesta Demokrasi yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, atau pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota. Jaga Netralitas, jangan ada yang terlibat Politik Praktis, jangan ada diantara kalian yang mendukung salah satu Paslon, jika itu terjadi, maka kalian akan di proses sesuai hukum yang berlaku,” tandasnya.

Sementara itu dijelaskan Sinaga, kegiatan peningkatan kapasitas Apkowil, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh Aparat Kowil tentang tugas Pokok TNI seperti yang termaktub dalam UU Nomor-34 Tahun 2004, adalah untuk menegakkan Kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD-45, serta melindungi segenap Bangsa dan seluruh Tumpah Darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara.

“Termasuk ancaman Corona Virus Disease ( Covid-19 ) yang saat ini sedang dihadapi bangsa Indonesia, virus yang menyebar sangat cepat sehingga World Healt Oragnization ( WHO ) menetapkan 11 Maret 2020 sebagai pandemi. Apalagi Pandemi Covid-19 tidak hanya merusak kesehatan Manusia, namun juga berpengaruh terhadap semua aspek kehidupan,” terang Sinaga.

Terkait dengan pelaksanaan peningkatan kapasitas Apkowil, Kodin 1302 berharap kegiatan ini akan diikuti dengan serius setiap materi yang akan disajikan oleh para pemateri.

“Agar nantinya materi-materi yang diterima mampu diaplikasikan dalam melaksanakan tugas dilapangan,” tukasnya. (rom)