Djein Rende Harap Pemandu Wisata Selam Jadi Agen Promosi Wisata di Mitra

Djein Rende Harap Pemandu Wisata Selam Dapat Jadi Agen Promosi Wisata di Mitra

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Djein Leonora Renda (DLR) mengapresiasi upaya pemerintah dalam mengembangkan wisata selam di Kabupaten Mitra.

“Mitra punya potensi wisata laut. Ini perlu didorong untuk menjadi salah satu potensi destinasi wisata. Saya salut ketika Disparbud mulai menyiapkan sumber daya manusia untuk nantinya menjadi pemandu atau guide,” ujar DLR saat menghadiri kegiatan pelatihan wisata selam di Pantau Lumintang, Kecamatan Pusomaen Jumat (10/10/2020).

Anggota DPRD Provinsi Sulut ini mengajak para warga pesisir untuk menjaga kekayaan laut, serta mampu menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan.

“Kekayaan bawah laut kita tidaj kalah dengan daerah lain. Kita bahkan punya keunikan tersendiri. Maka dari itu promosi disertai dengan penyiapan sumber daya manusia sangat penting. Saya harap nantinya para pemandu wisata selam yang sudah dilatih, dapat juga menjadi agen promosi wisata Mitra,” terang DLR.

Baca Juga:
1 of 1.172

DLR memastikan akan memperjuangkan program pariwisata Mitra. Sebab kata dia, program pengembangan pariwisata oleh pemerintah kabupaten Mitra selaras dengan program pemerintah provinsi Sulut bahkan pemerintah pusat.

“Nanti kita berharap dan kita berjuang bersama agar terbangun sinergitas yang baik. Apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di Mitra terkait fasilitas pariwisara, kami bisa perjuangkan,” tukasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mitra Sartje Taogan mengatakan, penyiapan SDM khususnya untuk wisata laut memang menjadi prioritas. Pihaknya menginginkan agar para pemandu wisata selam harus berasal dari warga lokal.

“Maka dari itu perlu bagi kami untuk menggelar pelatihan bagi masyarakat yang pesisir Mitra ataupun warga Mitra yang punya kemauan untuk menjadi pemandu wisata selam. Kita persiapkan SDM sambil kita benahi fasilitas penunjang lainnya,” terang Taogan.

Dirinya ikut merasa bangga dengan dukungan penuh dari DLR.

“Kehadiran anggota ibu DLR tentu menjadi semangat juga bagi kami terlebih para peserta yang mengikuti pelatihan. Kita bisa bersama mengenalkan potensi kekayaan laut kita kepada Indonesia maupun dunia international,” pungkasnya.(ten)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.