Buka Operasional Jalan Tol Manado – Bitung, Pjs. Gubernur Sulut: Dua Minggu Pertama Gratis

Buka Operasional Jalan Tol Manado – Bitung, Pjs. Gubernur Sulut: Dua Minggu Pertama Gratis
Pjs. Gubernur Sulut Agus Fatoni, ketika secara resmi membuka operasional jalan Tol Manado – Bitung ruas Manado – Danowudu.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pjs. Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Agus Fatoni, secara resmi membuka operasional jalan Tol Manado – Bitung ruas Manado – Danowudu sepanjang 26,35 kilometer, Rabu (30/9/2020).

Diketahui, jalan tol Manado – Bitung ruas Manado – Danowudu itu, diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa kemarin.

Fatoni pada kesempatan itu mengatakan, adanya jalan tol ini waktu tempuh dari Manado ke Bitung menjadi jauh lebih cepat.

“Ini mempersingkat waktu yang biasanya jarak tempuh manado-bitung 1 sampai 2 jam, sekarang bisa ditempuh hanya 20 sampai 30 menit saja,” katanya.

Dijelaskan Fatoni, rampungnya jalan tol akan menunjang perekonomian daerah. Selain itu, proyek yang menelan anggaran Rp.4,95 Triliun itu, dirancang untuk mengintegrasikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan KEK Pariwisata Likupang.

“Ini akan meningkatkan perekonomian dan koneksitasnya bisa lebih lancer, artinya bisa manfaatkan untuk pengembangan di bidang-bidang yang lain,” terangnya.

Menurut Fatoni, masyarakat pengguna jalan tol dihimbau untuk selalu berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan di jalan tol agar selamat sampai di tujuan.

“Jalan tol ini akan dibuka 24 jam. Selama 2 minggu pertama, masih digratiskan namun tetap harus menggunakan kartu. Masyarakat tetap berhati-hati dan jaga keselamatan,” ungkapnya.

Pengoperasian perdana penggunaan Jalan Tol Manado-Bitung turut dihadiri jajaran Forkopimda, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Pjs. Bupati Minahasa Utara Clay June Dondokambey, para pejabat Pemprov Sulut dan Jasa Marga. (ton)