Peresmian Tol Manado-Bitung, Steven Kandouw: Terima Kasih Pak Jokowi, SHS dan Olly

Peresmian Tol Manado-Bitung, Steven Kandouw: Terima Kasih Pak Jokowi, SHS dan Olly
Denah pembangunan jalan Tol Manado – Bitung.

MANADO, (manadotoday.co.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan secara virtual Tol Manado – Bitung ruas Manado-Donowudu sepanjang 26,35 kilometer (km) dari Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (29/9/2020).

Terkait hal itu, Steven Kandouw menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah meresmikan tol tersebut.

“Salut buat pak Presiden Jokowi yang boleh meresmikan Tol Manado – Bitung. Walaupun belum tuntas seratus persen, setelah sekian lama dinantikan rakyat Sulut akhirnya proyek raksasa ini diresmikan. Sekali lagi terima kasih pak Jokowi,” ungkap Wakil Gubernur Sulut yang sedang menjalani cuti tersebut.

Kandouw juga membeber figur yang berperan dibalik suksesnya pembangunan Tol Manado – Bitung yang menjadi tol pertama di Provinsi Sulawesi Utara. Dia menyebut, penggagas dan inisiantor tol ini adalah mantan Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang (SHS).

“Sejak 2012 blue print proyek ini sudah digagas pak SHS. Terima kasih pak Sarundajang,” sebutnya.

Kandouw berterima kasih pula kepada Bapak Olly Dondokambey, yang punya peran dan andil besar, sehingga mimpi dan gagasan SHS dapat terwujud.

“Pak Olly lah yang punya andil sehingga proyek tol ini masuk Blue Book Bapenas. Di era beliau sebagai pimpinan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI,” bebernya.

Kata Kandouw, mungkin banyak yang belum tahu setelah empat tahun disetujui oleh Bappenas, tol Manado – Bitung ternyata tidak diminati oleh investor.

“Tangan dingin pak Olly yang berhasil mencari solusi pendanaan tol ini, sekaligus memfasilitir pihak-pihak pelaksana untuk duduk bersama dan sepakat melaksanakan proyek Tol Manado – Bitung. Terima kasih pak Olly Dondokambey,” tandasnya. (ton)