Penanganan Covid-19, Pemkab Mitra Siapkan Empat Ton Beras Premium

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mitra, Made Alit

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Ketahanan Pangan bakal menyalurkan bantuan beras bagi masyarakat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mitra, Made Alit mengatakan, penyaluran beras ini sudah masuk pada tahap dua dan kemungkinan Minggu depan sudah akan disalurkan.

“Kami sudah siapkan empat ton atau empat ribu kilogram beras yang akan disalurkan ke desa-desa dan ini masuk di penanganan Covid-19,” ungkap Made Alit.

Lanjut dikatakannya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial terkait dengan data warga yang layak menerima bantuan beras tersebut.

“Ini kita lakukan agar bantuan beras yang kami berikan nanti tidak lagi ganda atau double dengan bantuan yang akan diberikan oleh Dinas Sosial,” ujar Made Alit.

“Beras yang akan kami berikan ini beras premium yang bukan dari Bulog. Jadi beras ini akan kami salurkan untuk sekitar 400 keluarga miskin dan berdampak COVID-19. Adapun setiap keluarga bakal menerima bantuan beras sebesar 10 kg,” tambahnya.

Adapun bantuan beras ini berasal dari CBPD (cadangan beras pemerintah daerah) yang tiap tahun disiapkan untuk belanja bahan makanan bencana alam, seperti kekeringan, banjir, tanah longsor, dan lainnya.

Sementara di Tahun 2020 ini, bertepatan dengan masa pandemi COVID-19, CBPD diberikan sebagai bantuan bencana non alam.(ten)