TP-PKK Sulut Bagikan Masker Gratis ke Sekolah dan Panti Asuhan

TP-PKK Sulut Bagikan Masker Gratis ke Sekolah dan Panti Asuhan
Ketua TP-PKK Sulut Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan, memberikan masker gratis ke murid sekolah.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka menggalakan Gerakan Sejuta Masker sampai ke seluruh kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut), TP PKK Sulut terus aktif melakukan edukasi maupun aksi sosial guna menanggulangi pandemi Covid-19.

Terbaru, TP-PKK Sulut dibawah pimpinan Ibu. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK dr. Devi Kandouw Tanos, dan pengurus TP PKK Sulut, membagikan masker dan mensosialisasikan praktik protokol kesehatan di sejumlah sekolah dan panti asuhan yang ada di kabupaten dan kota di Sulut pada Senin-Selasa/21-22 September 2020.

Sekolah tersebut yaitu SMAN 1 Manado, SMKN 1 Airmadidi, SMAN 1 Bitung, SMK Kristen 1 Tomohon dan SMAN 1 Tomohon. Setiap sekolah mendapatkan 100 masker dari TP PKK Sulut.

Sementara panti asuhan selain menerima masker juga mendapatkan bantuan spesifik untuk perempuan dan anak terdampak Covid-19 yaitu Panti Werda Damai Perkamil, Panti Asuhan Bukit Harapan Pakowa, Panti Asuhan Bakti Mulia Karombasan, Panti Asuhan Darusaadah dan Panti Asuhan Al’Ikwan.

TP-PKK Sulut Bagikan Masker Gratis ke Sekolah dan Panti Asuhan
Ketua TP-PKK Sulut Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK dr. Devi Kandouw Tanos, dan pengurus TP PKK Sulut, ketika melakukan sosialisasi praktik protokol kesehatan di sejumlah sekolah dan panti asuhan di kabupaten dan kota di Sulut.

“Selalu memakai masker, mencuci tangan dan selalu menjaga jarak kalau di tempat terbuka,” ujar Ketua TP PKK Sulut Ibu Rita, mengajak seluruh siswa dan guru agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dalam menjalankan aktivitas setiap hari.

Kata dia, selain instruksi Presiden Joko Widodo, sosialisasi telah gencar dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kita juga selalu tak henti mengimbau masyarakat agar ikut mematuhi peraturan di manapun berada dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua TP PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, mengingatkan soal penggunaan masker sesuai ketentuan agar efektif mencegah Covid-19.

“Penggunaan masker itu penting. Cara penggunaannya pun harus benar. Jangan pakai masker tapi taruhnya di dagu. Banyak kebiasaan orang tuh kayak begitu. Masker itu dipasang untuk tutupi mulut dan hidung. Pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker juga. Ini juga penting, hindari menyentuh masker ketika sedang digunakan. Bila hendak menyentuh pastikan cuci tangan pakai sabun di air mengalir atau setidaknya gunakan hand sanitizer. Kita harus taat, karena lebih baik mencegah daripada mengobati,” ujarnya. (ton)