Terkait SAKIP, Sumendap: Kepala SKPD Bukan Sekadar Jadi Kepala, Tapi Harus Pahami Program

KPU

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Bupati James Sumendap menegaskan, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Mitra tidak hanya sekadar jadi kepala tapi harus paham dengan program yang dilaksanakan agar menghasilkan capaian yang menjadi sasaran.

“Sebab setiap tim evaluator berbeda-beda. Ada yang mau sistematis, namun ada juga yang mau tahu sejauh mana kemampuan penguasaan program dari kepala SKPD,” kata James Sumendap, Jumat (11/9/2020).

Dengan demikian, kepala SKPD akan mengetahui apa yang menjadi indikator dari sasaran yang ingin dicapai dalam program yang ada.

“Jadi mereka (tim evaluator,red) saat ini mengevaluasi indikator capaian yang dihasilkan. Makanya setiap Kepala SKPD harus paham apa yang menjadi indikator capaian program masing-masing,” ungkap James Sumendap.

Menurutnya, kalau kepala SKPD menjiwai dan mendalami program yang ada maka tidak ada yang sulit, apalagi berkaitan dengan presentasi SAKIP.

“Saya bukan ahli pertanian atau ahli teknik, tapi kepala dinas tidak bisa bodohi saya. Itu karena saya menjiwai, memahami, dan mendalami program. Jadi itu tidak sulit,” tegasnya.

Diharapkannya ke depan setiap kepala SKPD dapat terus belajar dan belajar lagi, terutama berkaitan dengan bidang masing-masing.

“Kalau tidak, nanti minggu depan saya tes setiap kepala SKPD secara lisan tanpa dokumen,” tutupnya.(ten)

bawaslu tomohon

Add Comment