Hasil Asesmen BAN-PT, Program Studi Biologi Fakultas MIPA Unsrat Manado Terakreditas A

MANADO, (manadotoday.­co.id) – Civitas Akademika Program Studi Biologi Fakultas MIPA UNSRAT Manado, menyambut gembira keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang menyatakan Program Studi Biologi Fakultas MIPA UNSRAT Manado Terakreditasi A.

Hal ini tertuang dalam surat keputusan BAN-PT nomor 5252/SK/BAN-PT/­Akred/S/IX/2020, Tertanggal 8 September 2020. Asesmen Lapangan (AL) oleh BAN-PT pada tanggal 3-4 September 2020 dilakukan asesor masing-masing Prof Dr Okid Parama Astirin MS (Universitas Sebelas Maret) dan Dr Sony Heru Sumarsono (Institut Teknologi Bandung). BAN-PT menyatakan program studi biologi Fakultas MIPA UNSRAT terakrefitasi A berlaku sejak 8 September 2020 sampai 8 September 2025.

Dekan Fakultas MIPA UNSRAT Manado Prof Dr Benny Pinontoan MSc mengaku salut dan bangga kepada pimpinan program studi bersama jajaran dosen, pegawai dan mahasiswa biologi, terlebih khusus tim akreditasi. Ukuran baiknya suatu program studi apabila hasil AL dari BAN -PT dinyatakan terakreditasi A.

“Prodi biologi telah membuktikan prestasinya, dan ini tidak lepas dari kepemimpinan ketua program studi sekaligus ketua jurusan Dr Rooije RH Rumende SSi MKes, didampingi sekretaris jurusan Dr Hanny H Pontororing SSi MSi, didukung tim akreditasi dipimpin Dr Ratna Siahaan MSi, seluruh staf dosen, mahasiswa, pegawai, alumi, pengguna, bahkan dukungan penuh saya sebagai Dekan FMIPA UNSRAT bersama jajaran yang ada,”kata Prof. Dr. Benny Pinontoan MSc.

Sementara Wakil Dekan bidang akademik FMIPA UNSRAT Ir Feky Mantiri MSc PhD, bersyukur karena prodi biologi terakreditasi A.

“Jadi hasil yang dicapai ini adalah merupakan paripurna dari semua dukungan data yang tersinkronisasi dgn maksimal dan dapat dipertanggungjawabka­n dihadapan asesor BAN-PT saat pelaksanaan AL pada tanggal 3 dan 4 september 2020,”tutur Mantiri.

Sementara Rumende menyampaikan, sebagai ungkapan syukur atas akreditasi A program studi biologi, maka kemarin telah dilaksanakam ibadah syukur secara online yang  dipimpin oleh Pdt Jemmy Matheos MTh, dan hal yang sama juga dilakukan oleh yang non kristen pada tempat yang berbeda.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNSRAT Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA bersama jajaran rektorat, ketua ketua lembaga di UNSRAT, asesor internal UNSRAT, Dekan FMIPA UNSRAT bersama jajaranya, alumi, pengguna alumi, dan civitas akademika program studi biologi FMIPA UNSRAT atas dukungan dan kerjasama yang baik, sehingga kami boleh terakrefitasi A,” ungkap Rumende di dampingi Pontororing sebagai sekretaris jurusan biologi.(ten)