Siap Kawal Aspirasi Masyarakat Mitra, Djein Leonora Rende Lakukan Reses Kedua

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat, Anggota DPRD Provinsi Sulut Djein Leonora Rende SE.Ak, Daerah Pemilihan Mitra/Minsel, melakukan reses Masa sidang II tahun 2020 di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Rabu (9/9/2020).

Dengan menerapkan protokol kesehatan, agenda reses Sekertaris Komisi II DPRD Provinsi Sulut ini dimulai dari 5 hingga 12 September 2020.

Djein Leonora Rende menggelar reses di enam titik yang tersebar di empat kecamatan di Mitra, yakni Ratahan, Ratahan Timur, Tombatu, dan Touluaan.

Legislator Sulut daerah pemilihan (dapil) Minsel-Mitra ini mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kewajibannya guna menyerap aspirasi masyarakat.

“Namun untuk reses di masa pandemik Covid-19 terbatas dan saya memohon maaf karena tidak ada dialog langsung guna mendukung upaya pencegahan,” ungkap Srikandi PDI Perjuangan.

DLR mejelaskan, reses ini merupakan kewajibannya sebagai anggota DPRD yang dipilih oleh masyarakat. Maka dari itu usulan-usulan dari masyarakat ini akan diperjuangkan dengan semaksimal mungkin.

“Aspirasi dari masyarakat dalam kegiatan reses ini akan saya perjuangkan. Selain itu, kami tetap menerima aspirasi ini secara tertulis dari Camat yang tentu sebelumnya sudah terlebih dahulu dibahas di tingkat kelurahan dan desa,” pungkasnya.

Ditambahkannya, aspirasi ini nantinya akan dibuat dalam bentuk laporan yang selanjutnya dimasukkan ke pimpinan DPRD, kemudian direkomendasikan ke Pemerintah Provinsi Sulut.

“Saya juga pasti akan mengawal apa yang jadi aspirasi dari masyarakat di Kabupaten Mitra. Nantinya kalau ada proposal berkaitan dengan bidang kami, seperti untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa dimasukkan,” jelas Sekretaris Komisi Dua DPRD Sulut ini.

Di masa pandemik ini pemerintah mengadakan refocusing anggaran untuk bidang kesehatan, pertanian, dan UKM.

“Sebelumnya bersama dengan Dinas Koperasi dan UKM Sulut, kami sudah melaksanakan pelatihan untuk pelaku UMKM di Mitra karena memang ini menjadi perhatian pemerintah sehingga banyak bantuan diberikan,” ujar Ketua PARFI 56 Sulut ini.

Selain menerima aspirasi, menjadi tugas pihaknya dalam pengawasan, guna melihat secara langsung kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah, apakah sudah berjalan dengan baik dan sesuai aturan.

“Saya termasuk di Komisi Dua bidang Perekonomian dan Keuangan. Kami selalu mengadakan pengawasan akan program yang berkaitan dengan bidang kami, di antaranya pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan lainnya,” tutupnya.

Turut hadir pada reses tersebut, Ketua DPRD Mitra Marty Ole, Wakil Bupati Jocke Legi, serta Masyarakat.(ten)