Pasia MT Umboh S.Farm: Sempat Down, Akhirnya Mengalir Puluhan Juta per Bulan dari Vtube

IMG-20200902-WA0006MENGGELUTI bisnis digital bagi Pasia M.T Umboh, S Farm tergolong baru. Sebelummya, Chia – sapaan akrabnya – sudah malang melintang di bisnis MLM. Sekitar bulan Maret 2020, diajak teman untuk bergabung di bisnis Social Advertising bernama VTube.

Awalnya memang belum tertarik karena selain ‘buta’ dengan IT, juga kondisi keuangan carut-marut akibat pandemi Covid-19. Jadi alasan utama dari Sarjana Farmasi jebolan Unsrat ini tidak terlalu merespon ajakan teman karena tidak ada modal.

‘’Mana ada di jaman sekarang punya usaha tanpa modal,’’ tutur istri tercinta Jeral H. Lontoh ST ini, saat berbincang dengan manadotoday.co.id, dalam suatu acara Komunitas Vtubers Sulut (KVS).

Namun setelah mendapat penjelasan bahwa bergabung dengan VTube gratis dan tidak mengeluarkan uang sepersen pun, akhirnya Chia mempelajari marketing plan dari perusahaan.

‘’Ternyata memang benar bisnis ini gratis bahkan dalam marketing plan perusahaan dengan tegas menyatakan bahwa perusahaan tidak memungut biaya apapun alias gratis. Sementara peluang penghasilan tidak terbatas. Akhirnya saya memutuskan join,’’ tuturnya bersemangat.

Ibu dua orang anak yakni, Jeshia dan Adraya ini melanjutkan, bisnis ini berbasis digital. Namun untuk menjalankan Vtube sangat mudah.

‘’Siapa saja bisa jalankan bisnis ini. Saya juga yah bisa tergolong gaptek. Tapi ternyata bisa,’’ tutur Chia sambil tersenyum.

Sebab, dalam menjalankan bisnis ini perusahaan sudah menyiapkan tutorial dalam bentuk video semua hal yang terkait bisnis ini. Mulai dari pendaftaran, cara nonton video iklan, menukar paket, mencairkan dana, dan segala macam.

‘’Dan yang paling keren kita hanya nonton iklan, dapat uang. Di rumah atau dimana saja yang penting ada jaringan internet, kita pasti bisa jalankan bisnis ini,’’ kata Chia yang sudah meraih peringkat Platinum.
Dengan peringkat Platinum ini, Chia sudah bisa mendapat penghasilan puluhan juta rupiah.

IMG-20200902-WA0005‘’Yah Puji Tuhan saya bisa bertemu dengan bisnis ini di saat pandemic Covid. Di saat banyak orang tidak berdaya karena pengaruh pandemi Covid, kita yang ada di Vtube bisa mendapat penghasilan yang jauh lebih besar dari harapan kita semula,’’ tutur Sulung dari 3 bersaudara, pasangan Dj Umboh dan FR Mumek.

Kelahiran Mogoyunggung tahun 1994 ini mengakui, bahwa ia sempat down saat mulai merintis bisnis ini. Bukan saya tidak percaya bisnis ini. Sejak awal sudah yakin bisnis ini legal karena sudah mempelajari legalitas perusahaan.

‘’Yang membuat saya down karena berita-berita di media massa yang menyatakan Vtube ini penipuan. Sebenarnya apa yang ditipu. Perusahaan tidak memungut biaya dan member juga tidak mengeluarkan biaya untuk perusahaan. Tapi yang sangat membebani saya adalah karena sudah mengajak banyak teman. Dan juga banyak teman yang mulai ragu karena gencararnya pemberiataan soal Vtube yang tidak benar. Jadi saya yakinkan teman-teman. Dan tentu yang utama saya yakinkan dulu diri saya sendiri,’’ kata Chia yang kini memiliki sekitar 53.359 member.

Dalam kesempatan ini, Chia mengajak anggota timnya untuk terus maju.

‘’Kalau ada yang melihat bisnis ini tidak benar, jadikan itu sebagai pemicu untuk menggapan impian kita. Terus berjuang untuk kerjar impian Go Diamond,’’ tutur Platinum ketiga di Sulut ini. (adri)