Bupati ROR Koordinasikan Penanganan Fakir Miskin dengan Kemensos RI

received_2446510678975360TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si (ROR), mengunjungi Pusdatin Kementerian Sosial dalam rangka mengkoordinasikan Penanganan Fakir Miskin dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Kamis (27/8/2020).

Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, dalam kunjungannya diterima langsung oleh Dr. Said Mirza Pahlevi, M.Eng.

Dijelaskan Bupati, tujuan kunjungan kerja di Kemensos dalam rangka kordinasi penanganan fakir miskin dan DTKS, karena dari pengalaman saat penyaluran bantuan ada banyak keluhan mengenai warga yang kurang mampu tapi tidak tersentuh bantuan sosial.

“Kami sudah mengusulkan tetapi updating datanya di Kementerian dan itu yang saya koordinasikan langsung ke Kapusdatin Kemensos supaya keluhan warga soal tersebut bisa diminimalisir,” jelas Bupati.

Lanjut Bupati ROR, saat ini input data pembaharuan bisa dilakukan pemerintah daerah dan langsung mengupdate lewat Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG).

“Di mana nantinya semua pemberian Bansos termasuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) Keluarga Indonesia Sejahtera (KIS) menggunakan data pada SIKS-NG tersebut,” tukas Bupati.

Sehubungan dengan hal ini Kepala Dinas Sosial, Drs. John Kapoh, M.Si menyatakan kesiapan mereka untuk menginput data pembaharuan berdasarkan usulan yang dikirim desa ke kecamatan dan ke kabupaten. “Paling lambat datanya harus dikirim ke aplikasi pada 31 Agustus ini,” jelas Kapoh selaku otorisator peminta data. (rom)