Wali Kota Tomohon jadi Narsum di Rakor Tim High Level TPID

 

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA saat membawakan materi
Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA saat membawakan materi

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA Kamis (27/8/2020) membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Tim High Level Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tomohon bertempat di Taman Wisata Alam (TWA) Kelurahan Talete Satu Tomohon Tengah.

Saat membuka sekaligus membawakan materi yang berjudul ‘’Upaya Pemerintah dalam Pengendalian Inflasi Melalui Antisipasi Krisis Pangan dan Potensi Kekeringan di Kota Tomohon’’ mengatakan, Rakor yang dilaksanakan merupakan wujud sinergi dan komitmen bersama dalam rangka menjaga tingkat inflasi sebagai salah satu persyaratan pertumbuhan ekonomi yang inklusif berkesinambungan dan berkeadilan .

‘’Dalam penanganan inflasi, yang penting diperhatikan adalah kesesuaian antara kebijakan strategis pemerintah kota dalam TPID dan faktor-faktor penyebab inflasi,’’ katanya.

TPID diharapkan mampu melakukan langkah-langkah stategis terutama di masa Pandemi Covid-19 dengan melakukan upaya-upaya pengendalian dan menekan inflasi. Salah satu langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan perhatian khusus pada produktivitas bahan-bahan yang rentan terhadap inflasi akibat dampak pandemi ini.

‘’Di masa pandemi ini pemerintah memberikan bantuan bahan pokok kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 serta  menyusun dokumen strategi dan rencana aksi antisipasi pangan dan potensi kekeringan,’’ ungkap Eman.

Rencana aksi daerah dalam mengantisipasi krisis  pangan dampak Pandemi Covid-19 terdiri dari, pertama,

pembentukan Satgas monitoring dan Timlak gerak cepat tanam Kota Tomohon tahun 2020. Kedua, prognosa kebutuhan dan ketersediaan pangan pokok beras dan non beras.

Ketiga,  sasaran produksi dan rencana tanam komoditas tanaman pangan. Keempat, sarana prasarana infrastruktur pertanian yang berada pada Dinas Pertanian dan Perikanan serta Dinas Pangan Daerah serta kelima, operasional pelaksanaan rencana aksi.

Narasumber lainnya Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara Eko Adi Irianto dan dari Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara Anita Masiru SE MSi.

Turut hadir, mewakili Bulog Provinsi Sulawesi Utara Valentinus Datu, dari PT Pertamina Abisatya Yogi Pradika, mewakili Kapolres Tomohon Wakapolres Tomohon Kompol Agnes Turambi SE, mewakili Kajari Tomohon Mariska Kandouw SH MH, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (ark)