Dukung Program Bupati, Dinas Pariwisata Mitra Bakal Jadikan Seluruh Bibir Pantai Kawasan Pariwisata

Kepala BKPSDM Sartje Taogan
Kepala BKPSDM Sartje Taogan

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minhasa Tenggara (Mitra) Sartje Taogan menyampaikan, sesuai instruksi Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap dalam mengembangkan pariwisata, ke depan seluruh bibir pantai di Mitra akan dijadikan kawasan pariwisata.

”Jadi ini mendukung program dari pak Bupati, untuk seluruh bibir pantai di Kabupaten Mitra akan jadi kawasan pengembangan pariwisata,” ujar Kadis Taogan.

Menurutnya, seluruh kawasan wisata yang sudah dihibahkan nanti akan dimasukkan dalam Perda (Peraturan Daerah) RIPPARDA (Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah).

“Sebab salah satu poin dalam Perda RIPPARDA ini terkait lokasi pengembangan pariwisata daerah,” ungkap Sartje Taogan.

Lanjut dijelaskannya, untuk anggaran pembentukan Perda tersebut sebelumnya bergeser ke APBD perubahan karena masa pandemik COVID-19.

“Namun kita upayakan tahun ini Kabupaten Mitra sudah bisa miliki Perda RIPPARDA ini. Sebab ini akan menjadi dasar pengembangan pariwisata daerah nantinya,” jelas Sartje Taogan.

Adapun Perda tersebut juga menjadi syarat untuk menerima bantuan pengembangan pariwisata dari pemerintah pusat.

“Seperti tahun sebelumnya kita gagal mendapat DAK hanya karena belum memiliki Perda RIPPARDA. Makanya tahun ini kita akan upayakan bentuk Perda,” tandasnya.

Terkait Perda RIPPARDA ini, pihaknya telah melakukan pembahasan awal dengan akademisi di bidang tersebut, namun masih akan dilakukan pembahasan lanjutan.

“Saat ini naskah akademiknya sudah ada, namun masih perlu dilakukan pembahasan lagi secara mendalam, setelah itu baru akan melakukan studi banding,” ujarnya.

Selain itu, mengingat pentingnya Perda ini dan berhubungan dengan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) maka pihaknya akan melibatkan dinas terkait lainnya dalam pembahasan.(ten)