Rapatkan Barisan Perangi Covid-19, GSVL Dorong Masyarakat Terapkan ‘Cerdas 3M’

Rapatkan Barisan Perangi Covid-19, GSVL Dorong Masyarakat Terapkan Cerdas 3M
Rapatkan Barisan Perangi Covid-19, GSVL Dorong Masyarakat Terapkan Cerdas 3M

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota G.S Vicky Lumentut memimpin apel Tim Edukasi dan Promosi Kesehatan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 di Kota Manado yang dihadiri TNI/Polri dan stakeholder terkait, di Tugu Lilin, Kota Manado, Selasa (4/8/2020).

Wali kota saat membawakan arahan mengatakan, melihat posisi Kota Manado yang kembali masuk dalam Zona Merah (skor 1,78), sangat dibutuhkan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Karena itu, kita harus cerdas di era Adaptasi Kebiasaan Baru ini dengan menerapkan 3M yakni dengan cerdas Menjaga Jarak, dengan cerdas Memakai Masker, dan dengan cerdas Mencuci tangan dengan sabun sambil tetap berdoa semoga akal budi, hikmat, dan kebijaksanaan selalu menjadi bagian dalam upaya memutus mata rantai Covid 19 di Kota Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya,” ujar wali kota di hadapan para peserta apel.

Selain itu, wali kota juga mengingatkan kepada masyarakat jika harus berartivitas di luar rumah, hindarilah keramaian, tetap menjaga minimal satu sampai dua meter dengan orang Iain. Ketika pulang ke rumah, Iangsung mandi dan mencuci pakaian yang dipakai sebelum bisa bercengkrama dengan anggota keluarga.

“Marilah kita jaga diri kita dan keluarga kita dengan mematuhi anjuran pemerintah,”ujar wali kota dua periode ini.

Ia juga meminta masyarakat agar mematuhi aturan di era adaptasi kebiasaan baru di lingkungan kerja sebagai mana di atur dalam KEPMENKES RI NO. 328/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengendallan Covid-19 di tempat kerja Perkantoran dan Industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemik, serta peraturan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 44 Tahun 2020 tentang pedoman adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman.

“Termasuk di dalamnya bentuk implementasi sektor yang harus kita Iakukan yakni Melakukan Testing yang Intensif, Menelusuri Kontak Kasus Positif, Suspek dan KERT (Kontak Erat Resiko Tinggi), Masyarakat harus selalu berada dl rumah, Pertemuan publik tidak diperbolehkan dan tempat- tempat umum (publik/keramaian), Aktivitas bisnis ditutup kecuali untuk keperluan esensial seperti farmasi, supermarket bahan pokok, klinik dan stasiun bahan bakar, Fasilitas Kesehatan diprioritaskan, Fasilitas Pendidikan ditutup dan dilakukan dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh),”jelas Lumentut lebih jauh.

“Jangan lupa kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar segala upaya preventif atau pencegahan yang telah kita kerjakan bersama dengan kesungguhan hati agar pandemi ini cepat berakhir bisa dilancarkan. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan dari Tuhan Yang Maha Esa. Salam sehat torang semua,“ tukas Wali Kota G.S Vicky Lumentut.(ryan)