Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Pemkot Manado Dukung Program Kotaku

Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Pemkot Manado Dukung Program Kotaku

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota Manado G.S Vicky Lumentut menghadiri peletakan batu pertama dan sosialisasi massal program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Mahawu, Kecamatan Tuminting, Kamis (16/7/2020).

Pada kesempatan tersebut, wali kota mengucapkan banyak terima kasih kepada Menteri PUPR melalui BPPR Sulut yang telah memprogramkan perbaikan lingkungan kota melalui Kotaku.

“Hari ini ada di Kelurahan Mahawu, di lingkungan 4 dan 6 melakukan perbaikan lingkungan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat khususnya pembukaan akses jalan, juga air bersih dan kegiatan lainnya yang pasti akan sangat berguna bagi masyarakat Kota Manado,”ujar wali kota.

Ia yakin, kehadiran program Kotaku akan sangat membantu masyarakat Manado untuk lebih meningkatkan kualitas hidupnya.

“Ini akan menjadikan Kota Manado makin lebih baik. Sukses terus untuk Kotaku dan teman-teman semua yang berjuang memperbaiki lingkungan hidup bagi masyarakat,”tutur wali kota dua periode ini.

Diketahui, Program Kotaku adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Arah kebijakan pembangunan Dirjen Cipta Karya adalah membangun sistem, memfasilitasi pemerintah daerah, dan memfasilitasi komunitas (berbasis komunitas). Program Kotaku akan menangani kumuh dengan membangun platform kolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan BPPW Provinsi Sulut Halid Saleh bersama Tim OSP 8; Tim Leader Ir. Teddy Sulangi bersama Tim yang terdiri dari Asisten II Kota Manado Ir. Philips B. Sondakh, Kaban Bapelitbangda Kota Manado DR. Liny Tambajong, Anggota DPRD Manado Arthur Rahasia, Kordinator Kota Program Kotaku ManadoHengky Erungan, ST dan Camat Tuminting Bonix Saweho, Lurah Mahawu, Imam masjid Al Ikhwan Iman ilham Pontolondo.(ryan)