KUD Wenang Pasarkan Mesin Tetas Telur, Diminati Hingga Luar Daerah

tetas telurMANADO, (manadotoday.co.id) –  Ingin mengembangkan bisnis ternak ayam yang lebih menguntungkan, Koperasi Unit Desa (KUD) Wenang menawarkan mesin Penetas Telur. Bahkan sejak diproduksi akhir tahun 2019 lalu, sudah banyak usaha kecil yang memanfaatkan mesin Tetas Telur.

KUD yang masih eksis di Kota Manado bahkan di Sulawesi Utara, tidak pernah berhenti berinovasi dan berkreasi dalam menjalankan unit usaha di tengah persaingan yang kian ketat dewasa ini. Tak heran KUD dibawah pimpinan Drs Eddy Sepang ini terus kokoh menjalankan fungsinya selaku pelaku ekonomi guna mensejahterakan anggotanya.

Mesin Penetas Telur ini salah satu unit usaha yang sedang laris manis, telah dipasarkan di daerah Sulut bahkan luar daerah.

Manager KUD Wenang, Ivone Lolaen, SE kepada wartawan mengatakan, mesin Tetas Telur ini diproduksi sendiri dan banyak diminati oleh peternak karena sangat menguntungkan.

Menurut Ivon, sampai sekarang sudah 153 pihak ketiga yang membeli mesin Tetas Telur dari KUD Wenang. Mereka terdiri dari warga Sulawesi Utara antara lain Sangihe, Bitung, Kotamobagu, Talaud, Sulawesi Barat, Bali, Siau, Amurang, Tondano, Gorontalo, Jailolo, Tarakand an Kota Manado sendiri yang banyak membeli.

“Dipasarkan sejak akhir 2019 lalu, sudah banyak permintaan dari luar daerah. Kami produksi sesuai pesanan. Namun kalau ada yang ready, langsung bisa di miliki oleh konsumen,”kata Ivone lagi.

Lebih jauh dikatakan Ivone, alat Tetas Telur tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari kapasitas 50 butir, 100 butir, 650 butir hingga 1000 butir telur. 19 hari telur sudah menetas dan 79 hari langsung panen ayam daging yang sangat diminati oleh rumah-rumah makan khususnya rumah makan padang dan lain-lainnya. Üsaha ini menguntungkan, apalagi dimasa Pandemi Covid-19 ini.

“Inovasi dan kreasi dalam berusaha sangat dibutuhkan agar tetap eksis di masa sulit ini. Usaha ini tidak membutuhkan lahan yang luas dan cukup di rumah saja,”kata Ketua KUD Edy Sepang.

Menurut mantan Ketua Puskud yang sukses menjaga dan terus memajukan KUD Wenang, produk ini bergaransi. Produknya terdiri dari system rakayun dan besi ikuserta roler dari alumunium dan menggunakan fan untuk mengukur sirkulasi suhu, serta dilengkapi balon lampu sebagai pemanas.

AlatTetas telur ini juga terbuat dari tripleks 9mm dengan lapisan dekorsit, menggunakan thermostat digital serta timer digital otomatis, tipe pengeram (setter), tipe penetas (hatcer).

“Kami mendorong agar tercipta usaha-usaha kecil yang produktif guna menggerakkan perekonomian. Sebab, usaha kecil tahan banting terhadap krisis dan bisa menciptakan lapangan kerja baru,”ujar Sepang lagi. (meldi s)