Desa Kumelembuai Atas Lakukan Pembangunan Infrastruktur Dengan Skema Padat Karya Tunai

received_281616586569834KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Desa Kumelembuai Atas, Kecamatan Kumelembuai mulai melaksanakan proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020.

Proyek pembangunan dengan skema Padat Karya Tunai bersumber dari Anggaran Pendapatan Belamja Nehata (APBN) Dana Desa Tahun 2020 ini, merupakan tindak lanjut instruksi Presiden di tengah situasi menghadapi pandemi Covid-19.

Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas Ibu Lilly Lapian SPd, mengatakan bahwa pengerjaan Infrastruktur dengan skema Padat Karya Tunai Desa Kumelembuai Atas di Tahun 2020 yakni pembangunan selasar jalan dengan panjang 1500 meter bujur sangkar, dengan total anggaran sebesar Rp.355.263.

“Untuk pengerjaan pastinya akan melibatkan masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah,” terang Lapian, disela-sela peletakan Batu pertama pembangunan selasar jalan di ruas jalan Desa Kumelembuai Atas, yang diawali dengan Ibadah dipimpin Pendeta Jani Rengkung MTh, Sabtu (16/5/2020).

Iapun berharap program pembangunan dengan skema Padat Karya Tunai, akan membantu ekonomi masyarakat mendapatkan penghasilan ditengah pandemi covid-19.

“Dengan skema Padat Karya Tunai ini ekonomi masyarakat akan terbantu, karena program dengan skema Padat Karya Tunai merupakan
salah satu solusi untuk memberikan penghasilan kepada masyarakat di situasi menghadapi pandemi covid-19, “imbuhnya.

Menghadapi bencana non alam pandemi covid-19, pemerintah desa Kumelembuai Atas menurut Lapian, telah melaksanakan berbagai langkah pencegahan yakni penyemprotan disinvektan di rumah warga dan fasilitas umum, pembagian masker kepada masyarakat, pemberian sarana Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) untuk denominasi Gereja , Sekolah dan Kantor Desa, bansos beras serta berbagai kebutuhan lainnya.

“Dan selanjutnya juga akan diberikan santunan bagi warga kurang mampu tersampak pandemi Covid-19, melalui Bantuan Langsung Tunai bersumber dari Dana Desa, yang telah ditetapkan pada saat musyawarah desa yang dihadiri oleh Pemerintah Desa, BPD, LPM serta tokoh masyarakat,” tukas Kalian.

Diketahui hadir pada acara peletakan batu pertama Sekdes Steven Wungow, BPD, LPM dan perangkat Desa Kumelembuai Atas. (lou)