17.169 KK di Minahasa Segera Nikmati BST

Kadis sosial minahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Sosial kabupaten Minahasa Denny Tualangi SE, mengatakan sebanyak 17.169 kepala keluarga (KK) di kabupaten Minahasa segera menikmati  Bantuan Sosial Tunai (BST)  dengan jumlah nominal Rp 600 ribu per KK selama 3 bulan April-Juni.

Dikatakan Tualangi  penerima BST telah melalui proses verifikasi oleh Pemerintah. Penerima sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang telah diberikan kepada pihak kecamatan kemudian diberikan ke pemerintah Desa.

Data BST ini dari desa dikembalikan lagi ke Dinas Sosial, dan hasil verivikasi akan diinput melalui sistem informasi terpadu kesejahtraan sosial (SITKS). “Bantuan langsung ke rekening penerima. Jika penerima tidak mempunyai rekening akan disalurkan melalui kantor pos ,  dari kantor pos secara tunai akan diantar langsung ke rumah penerima untuk bulan April dan Mei , ” urainya.

Lanjut Tualangi dipastikan bantuan ini akan disalurkan pada pekan depan, sambil menunggu petunjuk Kementrian Sosial RI.

Bantuan Sosial Tunai (BST) ini merupakan bantun bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos), Pos Indonesia, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

“Diperkirakan pekan depan bantuan ini akan disalurkan. Dan saat ini kami sedang menunggu petunjuk dari Kementrian Sosial , ” papar’Tualangi, Kamis (7/5/2020).  (rom)