ROR RD Sampaikan LKPJ Tahun 2019 Dihadapan DPRD Minahasa

RORTONDANO, (manadotoday.co.id)  – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring MSi, IPU, ASEAN.Eng (ROR) dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD) menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dalam rangka penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah kabupaten Minahasa tahun anggaran 2019 via video conference, Selasa (28/04/2020).

Dalam laporan keterangan pertanggungjawaban ini,  Bupati menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus disertai penghargaan yang tinggi kepada Pimpinan dan segenap Anggota Dewan yang terhormat, yang telah mengagendakan acara rapat paripurna dengan Media Video Conference. Bupati Minahasa mengucapkan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi Umat Muslim di Daerah ini.
Sebagai Pimpinan daerah yang dipilih secara langsung oleh rakyat, maka menjadi kewajiban kami baik secara moral maupun konstitusional untuk mempertanggungjawabkan amanah rakyat Minahasa yang dipercayakan kepada kami, guna diaktualisasikan dalam pembangunan, pola pertanggungjawaban ini sangat penting dalam kerangka membangun komunikasi yang efektif dan konstruktif dengan masyarakat Minahasa yang direpresentasikan oleh lembaga yang terhormat ini.
Sejak awal memimpin Minahasa, kami telah meletakkan frame pembangunan melalui RPJMD 2018 – 2023, dimana program-program pembangunan yang dilaksanakan setiap tahun diupayakan untuk tetap sinergitas dengan apa yang diamanatkan dalam RPJMD tersebut.

Bupati Minahasa menyampaikan bahwa kita perlu menyadari bahwa tantangan kedepan makin berat dan kompleks, terutama berkaitan dengan upaya untuk melawan kemiskinan (poverty) dan keterbelakangan (underdevelompent). Karena itu, arah pembangunan kedepan akan lebih terfokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat. Terutama setelah Pandemi Covid 19 berakhir. Karena itu kita perlu mendesain strategi pengembangan ekonomi daerah yang lebih tepat (government driven development strategy).

“APBD kita Tahun 2020 ini sangat berat karena tidak ada sentuhan Pembangunan bagi Masyarakat, karena disamping ada kebijakan Pemerintah Pusat untuk mengurangi DAU, tapi juga DAK masih di pending. Hal ini tentu akan berakibat pada menurunnya ekonomi masyarakan dan bahkan akan makin bertambah angka kemiskinan kita. Disamping itu, kitapun tahu bersama bahwa pada saat ini Dunia sedang di landa COVID 19/Corona Virus Disease 2019, dimana Pandemi ini sudah menginfeksi seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, oleh karena itu Pemerintah Pusat sampai ke Tingkat Daerah sedang mengupayakan untuk memutus mata rantai pandemi virus corona dengan mensosialisasikan Social Distancing dan Physical Distancing dengan mengikuti Protokol Kesehatan yang sudah diterapkan, ” ujar Bupati.

Pemerintah juga menyampaikan terima kasih dan presiasi yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan Dewan dan seluruh Anggota Dewan yang terhormat karena telah membantu Pemerintah Kabupaten dengan menggeser anggaran reses dan diperuntukan untuk korban dampak Covid 19. Kita semua tentu merasa terpanggil untuk berdoa bersama agar pandemi ini bisa cepat berlalu dan Tuhan kiranya senantiasa melindungi Minahasa dan Sulawesi Utara dari Penyebaran Covid 19 ini.

Selanjutnya dikatakan bahwa berbagai kemajuan dan keberhasilan selang tahun 2019 tidak terlepas dari dukungan dan topangan yang diberikan oleh seluruh komponen masyarakat yang ada di Minahasa. Karena itu, dengan hati yang tulus kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih  kepada seluruh elemen bangsa di daerah ini, baik Pimpinan dan Anggota DPRD, FORKOPIMDA, jajaran birokrasi Pemerintah Kabupaten, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan partai politik, rekan-rekan pers, serta semua pihak yang tiada pernah berhenti mengalirkan dukungan dalam berbagai bentuk.

“Melalui penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2019 ini, kiranya dapat dibahas oleh DPRD Kabupaten Minahasa guna memperoleh rekomendasi perbaikan bagi penyempurnaan dan perbaikan dalam proses pembangunan kedepan.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa akan akan senantiasa memberkati segala upaya dan langkah kita bersama dalam mewujudkan Minahasa yang Semakin Hebat Kedepannya , ” tutur Bupati. Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw SE, dan dihadiri segenap anggota DPRD. Turut hadir  Forkopimda, Sekretaris Daerah kabupaten Minahasa Frits Muntu S.Sos beserta Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa. (rom)