Pemprov Sulut Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

olly dondokambey
Gubernur Olly Dondokambey bersama Forkopimda Sulut, ketika melakukan video teleconference dengan Kepala BNPB Doni Monardo.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, menyiapkan lahan pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Gubernur Olly ketika melakukan video teleconference dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menjelaskan, upaya ini dilakukan guna mencegah terulangnya kembali insiden penolakan jenazah seperti yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

“Kami siapkan lahan sebesar lima hektar untuk persiapan jika ada ada penolakan dari masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Olly, pihaknya akan terus melakukan koordinasi supaya di Sulut tidak terjadi penolakan pemakaman jenazah pasien Covid-19.

“Selain menyiapkan lahan pemakaman, gugus tugas covid-19 Sulut akan menyiapkan peralatan lengkap termasuk eskavator untuk mencegah kerumunan orang yang terlibat dalam pemakaman sesuai physical distancing,” tukasnya, sembari berharap apa yang dipersiapkan ini mudah-mudahan tidak dipakai.

Pada video teleconference tersebut, Olly juga mengatakan sulitnya mendapatkan reagen yang dipergunakan untuk mengetahui reaksi kimia dan menandakan darah seseorang itu mengandung virus corona.

“Saat ini kami sudah siapkan laboratorium dan peralatan di rumah sakit umum daerah. Kita sudah beli semua tetapi terkendala susahnya mendapatkan ektraksi reagen dari sana untuk dapat kita beli sehingga belum bisa beroperasi. Selain itu pusat laboratorium Kementrian Kesehatan yang ada di Sulut mudah-mudahan akhir bulan ini bisa beroperasi sehingga kita tidak ada kendala lagi dalam rangka mendapatkan hasil-hasil tes,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo mengapresiasi upaya Gubernur Olly untuk menyediakan pemakaman khusus pasien covid-19. Dirinya juga berjanji akan meneruskan setiap kendala kepada kementerian terkait supaya dapat segera diatasi.

“Terima kasih Pak Gubernur dan semua jajaran atas upaya dan kerja. Adalah hal yang sangat baik jika Pak Gubernur memutuskan untuk menyiapkan tempat pemakaman khusus bagi pasien covid-19,” ujar Monardo. (ton)