Terkait Jenazah Covid-19, Bupati JS: Bila Tak Ada yang Mau, Biar Saya yang Kuburkan

received_254217215708817RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, lempar tantangan kepada para tim relawan untuk pengamanan protap penguburan jenazah Covid-19 yang sesuai dengan SOP WHO.

JS mengatakan, warga Minahasa Tenggara sebetulnya memiliki pemikiran jernih dan tak seperti wilayah lainnya yang menolak warga sendiri untuk dimakamkan karena Covid-19.

“Perlu diketahui, sebetulnya warga Mitra tidak pernah menolak penguburan Covid-19, karna warga kita itu cerdas berpikirnya. Kalaupun tak ada yang mengubur jenasah Covid-19, biar saya yang kubur,” tukas Bupati saat lakukan sidak di Posko Covid-19, Jumat (17/4/2020).

Sementara itu, pemerintah Mitra juga telah menyiapkan lahan pekuburan bagi jenasah Covid-19 yang berlokasi dinperkebunan wilayah Belang.

“Jadi lahan untuk pekuburan jenasah Covid-19, sudah dipersiapkan. Dan itu dipersiapkan untuk antisipasi, bila nantinya ada masyarakat yang menolak warganya yang meninggal akibat Covid-19 untuk dimakamkan dipekuburan keluarga,” tandas JS.

Adapun antisipasi lainnya yang bakal dikeluarkan Bupati terkait rumah singgah, bila nantinya membludak, ia bakal meminjam gereja dan mesjid untuk dijadikan rumah singgah.

“Nantinya tak ada alasan lagi bila Kabupaten Mitra tidak bisa menyediakan rumah singgah. Bila yang sudah ada tak mencukupi, saya akan pinjam gereja dan masjid,” tutup JS. (ten)