Pembangunan Jalan di Mitra Tetap Berlangsung, Rommy Ole: Tetap Ikut Protokol Satgas Covid-19

received_550129255925229RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) lewat dinas pekerjaan umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus menjalankan pembangunan infrastruktur jalan dan air bersih ditengah merebaknya Covid-19.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rommy Ole mengatakan, proyek pengerjaan jalan terus dugenjot meski ditengah Covid-19.

Ia mengatakan, pihaknya mengikuti aturan yang dikeluarkan pihak kementrian untuk pengerjaan pembangunan.

“Untuk Mitra sendiri, meski berjalannya program pembangunan akan tetapi kita tetap mengikuti protokol satuan tugas (satgas) Covid-19 Mitra yakni dengan memakai alat pelindung diri selama pekerjaan berlangsung,” ujarnya.

Dikatakan Ole, semua pekerja yang ada harus siaga disetiap lokasi pekerjaan.

“Kita tak perbolehkan para pekerja keluar masuk Mitra selama masa pengerjaan, kecuali ada hal mendesak terkait pembangunan tersebut. Dan semua pekerja yang ada diinstruksikan agar menjaga jarak selama bekerja. Bila ada yang sakit langsung ditangani pihak medis,” pungkasnya.

Adapun pekerja yang dipakai pihak pemerintah yakni kebanyakan warga Mitra sendiri.

“Ini untuk pencegahan kita terkait Covid-19. Ada juga beberapa pekerja dari luar, namun sebisa mungkin kita pakai orang dalam saja. Untuk pekerja dari luar kita laporkan riwayat kedatangan ke pihak pemerintah desa setempat, sehingga bila terjadi apa-apa, pemerintah desa bisa mengatasi langsung,” terang Ole.

Ditambahkan Ole, saat ini ada 5 paket proyek yang sementara jalan, antara lai akses jalan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ratahan, Akses ke Kebun Raya Megawati Soekarnoputri dan pembuatan akses air bersih.

“Semua kami optimalkan jalan meski situasi seperti ini. Dan untuk komunikasi bersama para pegeng proyek, kita lakukan dengan Teleconfrence untuk pencegahan. Begitu juga bila ingin berkoordinasi dengan bawahan. Akan tetapi bila diharuskan untuk penandatanganan berkas penting, kita harus turun, namun jarak tetap dijaga,” pungkasnya.

Dirinya berharap, proyek bisa terus jalan meski dalam situasi pandemi covid 19 seperti ini.

“Diharapakan seperti itu, dan kepada warga masyarakat, agar bisa mendukung program pembangunan untuk kepentingan kita,” tutup Ole. (ten)