Cegah Covid – 19 di Kansas, Kasenda : Pengunjung tak Jelas, Dipulangkan!!!

kanonangTONDANO, (manadotoday.co.id) – Memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 atau Virus Corana yang kian mengancam keselamatan masyarakat internasional, Pemerintah Desa Kanonang Satu Smart (Kansas) kecamatan Kawangkoan Barat, menerapkan aturan bagi warga pengunjung.

Dimana, pengunjung yang hendak mengunjungi Desa tersebut, menurut Hukum Tua Desa Kansas Lucky G Kasenda SE, jika tujuannya tidak jelas, akan langsung dipulangkan, termasuk untuk pesiar ke Bukit Kasih.

“Hingga saat ini di Desa Kanonang Tiga belum ada yang positif Covid – 19, belum juga ada OPD dan PDP.  Karena itu untuk menjaga dan melindungi warga, kami harus bertindak lebih tegas lagi bagi warga pengunjung dengan langsung memulangkan mereka jika kedatangan mereka tidak jelas , ” tegas Kasenda, Selasa (31/3/2020).

Lanjut dikatakan Kasenda, pihaknya sangat berhati-hati menerima siapa saja yang datang berkunjung ke desa Kansas. Dikatakannya, pihaknya tak segan-segan langsung menanyakan keperluan apa dan dari mana warga yang datang mengunjungi desa tersebut.

“Ada dua pos relawan pengendalian dan pencegahan Covid – 19 yang kami dirikan. Dan pos ini beroperasi dari pagi hari hingga malam hari. Adapun petugas adalah perangkat desa yang dibagi beberapa kelompok yang dilengkapi dengan seragam, ” terang Kasenda.

Selain itu, penyemprotan cairan Disinfektan sebagai salah satu cara pencegahan Covid -19 terus dilakukan minimal 1 kali dalam dua pekan untuk fasilitas umum dan juga rumah-rumah warga.

Penyemprotan Disinfektan juga dilakukan bagi setiap kendaraan bagi roda dua dan empat yang melewati pos relawan Covid – 19. Tanggap Covid – 19 di Desa Kansas juga didasari pada Surat Edaran Menteri Desa PDTT nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid – 19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

“Tugas utama kami adalah melindungi dan memberikan rasa aman bagi warga desa kami. Karena itu kami mohon maaf apabila tindakan seperti ini membuat kecewa warga pengunjung, dan kami yakin hal ini bisa di maklumi dan ini sudah sesuai dengan protokol penanganan Covid – 19 yang di keluarkan pemerintah , ” papar Kasenda yang didampingi Sekdes Happy Walangitan. (rom)