Dipimpin Hukum Tua Meidy, Desa Liwutung Semprot Desinfektan di Rumah Warga

PASAN, (manadotoday.c­o.id) – Pemerihtah Desa Liwutung, Kecamatan Pasan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dibawah kepemimpinan Hukum Tua (Kumtua) Meidy Moeksim, melakukan penyemprotan desinfektan di seluruh rumah warga untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19)

Sejak 5 hari lalu, penyemprotan dilakukan disetiap jaga mulai dari jaga 1 hingga 4 yang dihuni sebanyak 189 kepala keluarga dan 522 jiwa. Tak hanya itu, inisiatif kumtua dengan menggunakan anggaran sendiri dalam pengadaan bahan penyemprotan, turut menempatkan satu tempat cuci tangan dan direncanakan akan ditambah sebanyak jumlah jaga yang ada. Tujuannya tak lain untuk melindungi warganya dari penyebaran Corona sekaligus menyatakan perlawanan terhadap virus mematikan ini.

“Kita sudah, sementara dan akan terus melakukan penyemprotan hingga kurang lebih 14 hari ke depan,” ungkap Kumtua Meidy Moeksim, Kamis (26/3/2020).

Menurutnya, hal ini penting untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat meski disatu sisi warga dituntut untuk mengikuti himbauan pemerintah, yakni stay home, social and physical distancing yang harus dilaksankan.

“Ini sudah menjadi tugas dan kewajiban pemerintah dan saya tak ingin masyarakat ada yang terkena virus ini, walaupun harus ‘kerjakan’ sendiri untuk pengadaan bahan penyemprotannya. Tapi kita harus bergerak cepat agar dapat mencegah virus tersebut menyebar,” beber Kumtua.

Moeksim menjelaskan, selain penyemprotan, pihaknya telah akan mendirikan sebanyak tiga tempat cuci tangan untuk warga di setiap jaga.

“Sekarang yang ada baru satu. Dan sekarang sementara dipersiapkan penambahan tempat cuci tangan pada setiap jaga yang ada,” tukasnya.

Selain langkah-langkah tersebut, rencana peningkatan imunitas warga dinilainya menjadi salah satu hal penting yang tak bisa ditinggalkan. Rencana penyaluran sembako bagi warga pun akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Kesehatan warga itu penting. Nah peningkatan imunitas juga harus didorong, ditingkatkan. Sebab memiliki imune yang baik tentu akan lebih terhindari dari ancaman Covid-19. Rencananya dalam meningkatkan imune warga, kita akan menyalurkan bantuan sembako seperti beras, telur dan bahan lainnya dengan tujuan agar kondisi warga dapat terus prima. Selain itu, polah hidup sehat serta jangan panik dengan pemberitaan yang ada sekarang, akan dapat pula menunjang imune warga,” kata Moeksim.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Royke Lumingas ketika dimintai keteranganya mengatakan, langkah pihak desa dalam melakukan penyemprotan desinfektan sudah dilakukan pihaknya.

“Sudah, sudah. Kami sudah memberikan imbauan kepada pihak desa dalam pelaksanaannya. Tentunya kami juga mengharapkan masyarakat agar dapat mengikuti langkah-langkah dalam menangkal Covid-19,”pungkasnya­.(ten)