Usai Dilaunching, Timsus Maleo Polda Sulut Langsung Bekuk “Komplotan Begal Bersenjata”

Timsus Maleo Polda SulutMANADO, (manadotoday.­co.id) – Kecekatan Tim Khusus Maleo Polda Sulut dalam mengatasi komplotan bersenjata diwilayah hukum polresta Manado perlu diajungkan jempol, buktinya, timsus Maleo berhasil membekuk enam orang komplotan begal bersenjata.

Enam anggotanya berhasil dibekuk, 1 diantaranya tewas tertembak dan 1 lainnya mengalami luka tembak di kaki, saat terjadi aksi saling tembak dengan petugas. Selanjutnya keenam komplotan begal bersenjata ini digiring ke Mako Polresta Manado untuk diproses hukum lanjut.

Hal tersebut merupakan rangkaian skenario simulasi penanganan tindak pidana komplotan begal bersenjata, yang diperagakan Timsus Maleo di hadapan Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa dan para PJU, usai pelaksanaan launching Tim Maleo, di halaman apel Bryan Tatontos Mapolda Sulut, Kamis (26/3/2020),

Diketahui, Timsus Maleo ini beranggotakan sebanyak 50 personil pilihan, berasal dari gabungan Satker Polda dan Satuan Kewilayahan, dikoordinir oleh Direktur Reskrimsus Polda Sulut Kombes Pol Yandri Irsan dan Komandan Tim Kompol Prevly. 4 diantaranya adalah Polisi Wanita (Polwan).

“Saudara-saudara dibentuk selaku Timsus dengan tujuan sebagai pasukan pendobrak, pasukan pertama dan terakhir membasmi segala bentuk gangguan kejahatan, khususnya di depan umum, di jalan raya,” ujar Kapolda.

Selain itu juga, Tim ini juga oleh Kapolda dituntut harus mampu menanggulangi gangguan kejahatan dalam bentuk apapun termasuk bencana.

“Gangguan keamanan bukan hanya kejahatan tapi ada bencana. Segala bentuk bencana harus mampu diatasi. Saat ini ada bencana corona, Tim ini harus mampu bekerja sama dengan Pemerintah, TNI dan masyarakat serta siapa saja,” ujar Kapolda.

Selain perlengkapan senjata dan kendaraan bermotor, Tim ini juga dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD), yang siap diterjunkan apabila diperlukan, terkait bencana virus corona.

Kapolda juga berharap pelatihan anggota agar terus diasah untuk meningkatkan kemampuan diri masing-masing personil Tim Maleo.(hums/ten)