Berlangsung 30 Hari, Operasi Aman Nusa II Polda Sulut di Mulai

received_233011787841432MANADO, (manadotoday.co.id) – Polda Sulut memulai Sat Gas Aman Nusa II di wilayah hukum Sulawesi Utara, dalam rangka pencegahan Virus Corona (Covid 19).

Dimulainya pelaksanaan operasi ditandai dengan penyematan pita operasi berwarna kuning oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M., kepada perwakilan personel pada gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman belakang Mapolda Sulut, Senin (23/3/2020).

“Ini sudah merupakan bencana nasional, maka kami melakukan operasi kepolisian ini. Tentu kita yang dikedepankan adalah pencegahan, membantu pemerintah daerah melakukan pencegahan, juga termasuk mungkin pengobatan,” ucap Kapolda, sesaat usai gelar pasukan.

Satgas ini nantinya akan melaksanakan beberapa tugas pokok, di antaranya mengimbau masyarakat membatasi diri dari interaksi sosial, keramaian, hingga kegiatan keagamaan.

Satgas ini juga berpatroli di wilayah rawan penyebaran, melakukan pengawasan dengan alat pengukur suhu panas tubuh, sterilisasi, menyemprotkan cairan disinfektan di lokasi keramaian, pusat kegiatan perekonomian, keagamaan serta pengamanan di lokasi rawan.

Selain itu, Satgas juga akan menindak tegas pelaku kejahatan seperti penjarahan, perampokan, pencurian dan lain-lain, termasuk pelaku penimbunan bahan makanan dan sarana kesehatan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast, S.I.K., menambahkan, Satgas pun akan melakukan penindakan terhadap penyebaran hoax terkait Corona.

“Satgas ini akan melaksanakan tugasnya selama 30 hari ke depan,” pungkasnya.

Gelar pasukan sekaligus apel pagi ini turut dihadiri oleh Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Drs. Tabana Bangun, M.Si., beserta para Pejabat Utama dan seluruh personel Polda Sulut.(hums/ten)