Dampak Corona, 346 Sekolah di Kota Manado Diliburkan

Wali Kota G.S Vicky Lumentut
Wali Kota G.S Vicky Lumentut

MANADO, (manadotoday.co.id) – Setelah resmi diumumkan bahwa Provinsi Sulawesi Utara telah memiliki satu pasien positif Virus Corona Virus (COVID-19), seluruh kabupaten dan kota langsung mengambil langkah antisipatif.

Untuk mencegah penyebaran, Wali Kota Manado, G.S Vicky Lumentut mengeluarkan surat edaran untuk meliburkan seluruh sekolah SD dan SMP.

Berikut bunyi surat edaran bernomor: 044/D.01/DIKBUD/203/2020 tersebut:

Dalam rangka pencegahan dan perkembangan Corona Virus Disease (COVID-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat disampaikan beberapa hal berikut:

1. Tanggal 16 s.d 27 Maret 2020 kegiatan belajar mengajar pendidikan diliburkan.

2. Kepala satuan pendidikan wajib menginstruksikan guru-guru untuk memberikan materi bahan ajar kepada siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri di rumah.

3. Menghimbau kepada orang tua untuk mengawasi anak-anak peserta didik agar tepat di rumah melakukan kegiatan belajar secara mandiri dan menghindari berkegiatan di kerumunan orang banyak.

4. Melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terkait hal-hal lainnya.

Dengan adanya instruksi ini, ada 346 sekolah SD dan SMP diliburkan. Data yang dihimpun menyebutkan jumlah sekolah SDN sebanyak 11 sekolah dan Swasta sebanyak 124 jumlah 242 dan jumlah sekolah SMPN sebanyak 14 sekolah dan swasta sebanyak 90 sehingga jumlah SMPN sebanyak 104, dan total keseluruhan sekolah SD dan SMP di Manado sebanyak 346 sekolah.(ryan)