Persentase Orang Miskin di Minut Terus Turun, di Bawah Rata-rata Sulut

Berhasil Gulirkan Program Pro Rakyat, VAP Makin Pasti Cagub Sulut

DR. (HC) Vpnnie Anneke Panambunan, STh (foto: Ist)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Terus mengalirnya dukungan masyarakat kepada DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan, STh untuk bertarung dalam Pilkada Gubernur Sulut Periode 2021-2021 bukan tanpa alasan. Berbagai prestasi telah diukir Vonnie Anneke Panambunan (VAP) selama menjabat sebagai Bupati Minahasa Utara.

Berbagai program prioritas VAP langsung menyentuh kepentingan masyarakat. Dan terbukti berbagai program pro rakyat itu, mampu menggerakkan ekonomi daerah yang ujungnya berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat.

‘’Semua program pemerintah memang harus bermuara pada kepentingan masyarakat,’’ kata bakal Calon Gubernur Sulut dari Partai Nasdem ini.

Ketika dipercayakan rakyat menjadi pemimpin, menurut VAP, maka tanggungjawab adalah melayani, mengasihi dan mensejahterakan rakyat.

Baca Juga:
1 of 65

‘’Makanya kita harus bekerja dengan tulus, mengasihi dan mensejahterakan mereka (rakyat),’’ tutur bupati.

Berbagai program yang berpihak kepada rakyat, VAP mampu menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Minahasa Utara. Sebut saja, tahun 2016 angka kemiskinan masih sekitar 7,90 persen. Kemudian tahun 2017 turun menjadi 7,46 persen, dan tahun 2018 turun lagi menjadi 6,99 persen. Dan pada tahun 2019 turun ke angka 6,75 persen. Bila dibandingkan dengan angka kemiskinan Sulawesi Utara yang sebesar 7,51 persen per posisi September 2019, maka Minahasa Utara berada di bawah rata-rata Sulut.

Melihat data angka kemiskinan ini, maka Minahasa Utara merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Utara yang berhasil menekan angka kemiskinan dengan persentase yang tinggi.

‘’Ini bukti bahwa keberpihakan pemerintah terhadap rakyat bukan hanya sekadar slogan,’’ ujar Bering kesek, warga Minut dengan bangga.

Keberhasilan VAP memimpin Minut tak hanya dari angka kemiskinan ryang turun, tapi juga pertumbuhan ekonomiyang semakin baik. Sedangkan dari sisi pendapatan per kapita Minut meningkat pesat. Laporan dari BPS menyatakan jika pendapatan per kapita Minut di tahun 2018 sebesar Rp. 62.436.995, dan berada pada ranking 3 dari 15 kabupaten/kota di Sulut.

Menanggapi perkembangan Minut yang luar biasa ini, VAP hanya berkata singkat. ‘’Biarlah masyarakat yang menilai. Kalau pun masyarakat menilai saya berhasil memimpin Minut itu semua oleh karena Anugerah Tuhan. Saya diberikan kemampuan karena doa masyarakat dan tentunya kalian semua,’’ tutur VAP sambil tersenyum ramah.(*)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.