Tinjau Lokasi Bencana Bolmong dan Bolmut, Wagub Kandouw Serahkan Bantuan ke Masyarakat

wagub kandouw
Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw, didampingi Sekdaprov Edwin Silangen dan sejumlah pejabat Pemprov Sulut, ketika menyalurkan bantuan ke masyarakat terdampak banjir bandang di Kabupaten Bolmong dan Bolmong Utara (Bolmut).

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E. Kandouw, meninjau langsung sejumlah desa yang terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Bolmong dan Bolmong Utara (Bolmut), Sabtu (7/3/2020).

Kunjungan di Kabupaten Bolmut, Kandouw dan rombongan mendatangi desa terdampak bencana yaitu Desa Pangkusa dan Suka Makmur di Kecamatan Sangkub, dan Desa Huntuk di Kecamatan Bintauna.

Peninjauan yang turut didampingi Sekdaprov Edwin Silangen dan Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh, Kandouw melihat rumah warga, kendaraan, dan fasilitas umum yang mengalami kerusakan akibat banjir bandang.

Ketika mengunjungi lokasi bencana, Kandouw memastikan komitmen pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana.

“Rumah yang rusak berat kita bangun baru, yang rusak ringan akan kita rehab,” ungkapnya.

Disampaikan Kandouw, sesuai arahan Gubernur Olly Dondokambey, saat ini bantuan lebih difokuskan pada kebutuhan mendesak yang dibutuhkan masyarakat termasuk pembukaan akses jalan yang sempat tertimbun material yang terbawa banjir.

“Pemprov juga telah menempatkan beberapa alat berat disejumlah titik,” bebernya.

Menurut Kandouw, kehadiran Pemprov Sulut diokasi bencana merupakan bentuk kehadiran pemerintah di tengah masyarakat.

“Ke Palu saja kita bawa bantuan. Apalagi saudara-saudara kita di Bolmut. Pak bupati tak usah cemas ada kita yang terus monitor,” tuturnya.

Kandouw juga menjelaskan bahwa bencana di Bolmut dinyatakan sebagai darurat bencana. Dirinya meminta Bupati Pontoh menyiapkan surat untuk diberitahukan kepada Gubernur Sulut.

Selain memberikan keyakinan kepada masyarakat Bolmut, Wagub Kandouw pun mengatakan untuk melewati kondisi saat ini yang perlu adalah kebersamaan.

“Harus saling bantu, saling mendukung bersama. Kita ringankan korban bencana kalau kita baku-baku bae baku-baku sayang,” tutur Kandouw.

Sementara itu, di Kabupaten Bolmong, Wagub Kandouw dan jajaran meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada para korban bencana di Desa Domisil dan Desa Pangi.

Dalam peninjauan ini, Wagub Kandouw didampingi Sekdaprov Edwin Silangen dan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow. Nampak hadir pula para pejabat di lingkup Pemprov Sulut dan Pemkab Bolmong.

Kandouw mengatakan, kehadirannya di lokasi bencana merupakan wujud komitmen Gubernur untuk memastikan kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat termasuk dalam penanganan bencana.

“Perintah pak gubernur, penanganan bencana harus optimal,” tuturnya.

Wagub menambahkan, berbagai kebutuhan para korban bencana akan diupayakan Pemprov Sulut.

“Bantuan natura, makanan, minuman, tempat tidur semua kita jamin,” tandasnya. (ton)