VAP Akan Prioritaskan Kesejahteraan Petani

IMG_20200310_095352MANADO, (manadotoday.co.id) – Terpuruknya harga komoditi andalan Sulawesi Utara dalam beberapa tahun terakhir menimbulkan keprihatian DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan, STh – (VAP).

Bupati Minahasa Utara yang juga bakal Calon Gubernur Sulut Periode 2021 – 2026 ini, menyatakan, akan memberikan perhatian khusus terhadap kehidupan para petani di daerah ini.

‘’Sebagian besar masyarakat Sulut masih bergantung pada hasil pertanian. Maka tentu kita akan memberikan prioritas pada pemberdayaan petani,’’ tutur VAP kepada manadotoday.co.id, pagi ini (Selasa, 10/3).

Menyinggung tentang keluhan para petani soal turunnya harga kopra dan cengkih beberapa tahun terakhir, kata VAP, pemerintah mempunyai kewajiban untuk memperjuangkan dan melindungi nasib petani. Antara lain, memberikan seluas-luasnya bagi investor untuk membuka pabrik di daerah ini.

‘’Jangan hanya satu dua. Sebanyak-banyaknya sehingga tidak ada lagi permainan harga yang ujung-ujungnya petani yang dirugikan,’’ tutur VAP yang juga Ketua Keluarga Besar Putra Putri Polri Sulut.

Memberdayakan petani, lanjutnya, tidak hanya sekadar untuk bagaimana meningkatkan produksi pertanian, tapi juga menjaga agar harga komoditi tersebut bisa memberikan nilai tambah bagi petani.

‘’Karena kalau kita hanya menekankan pada peningkatan produksi dan tidak memperhitungkan harga jual petani, bagaimana petani bisa sejahtera,’’ tutur VAP yang dikenal sangat peduli dengan kehidupan rakyat kecil.

Oleh sebab itu, lanjut VAP, ia selalu berdoa agar senantiasa diberikan Tuhan khikmat, akal budi kebijaksaan, agar di setiap kehidupannya boleh menjadi berkat.

‘’Artinya kalau saya menjadi pemimpin bukan untuk diri saya sendiri untuk menjadi berkat bagi banyak orang,’’ tutur bupati yang tetap cantik dan energik di usianya yang hampir 60 tahun ini.(*)