DPRD Sulut Dukung Pengembangan Prodi EBL Polimdo

Tim Sosialisasi Prodi EBL Polimdo saat bertemua Ketua DPRD Sulut
Tim Sosialisasi Prodi EBL Polimdo saat bertemua Ketua DPRD Sulut

MANADO, (manadotoday.co.id)—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara melalui Ketua Andrei Angouw dan Ketua Fraksi PDIP Rocky Wowor menyatakan dukungannya terhadap Program Studi (Prodi) Ekowisata Bawah Laut (EBL) Politeknik Negeri Manado (Polimdo) dan menyatakan siap memfasilitasi kebutuhan Prodi tersebut.

Hal itu diungkapkan keduanya saat menerima Tim Sosialisasi Prodi EBL Polimdo Senin (9/3/2020) di ruang kerja Ketua DPRD Sulut.

Dalam pertemuan tersebut, Tim Sosialisasi yang terdiri dari Dannie Oroh SPi MSi selaku Kepala Laboratorium Konservasi dan Frans Rattu Kepala Laboratorium Diving menyampaikan kepada dewan sebagai respesentatif masyarakat Sulut tentang keberadaan Prodi yang masuk dalam bingkai Jurusan Pariwisata. Di mana saat ini Prodi EBL merupakan satu-satunya Prodi yang ada di dunia yang mempelajari diving dan konservasi sekaligus.

‘’Saat ini Prodi EBL oleh Kementerian Percepatan Pariwisata talah menetapkan Kampus EBL yang terletak di Desa Tateli sebagai salah satu fasility traineer diving yang berada di Kawasan Indonesia Timur,’’ ujar Oktavianus Lintong, Ketua Tim Sosialisasi yang juga Ketua Jurusan Pariwisata Polimdo.

Selain itu, ke depan lulusan Prodi EBL akan menerima sertifikat kompetensi yakni Diving dan Konservasi.

EBL tambah Lintong, banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Sulawesi Utara khususnya bisang pariwisata. Antaranya menyukseskan kegiatan Guinness World Records  (GWR) yang dilaksanakan di Manado 2019 tahun lalu, di mana staf pengajarnya menjadi panitia inti pada acara yang melibatkan penyelam dari Seluruh Indonesia dan dunia.

Tak hanya itu, dalam setiap kegiatan pelestarian ekosistim laut, Prodi EBL juga selalu mengambil bagian. Dan, sekitar 99 persen lulusannya sudah bekerja dan tersebar hampir di seluruh dunia. (ark)