Satukan Persepsi, Pemkot Tomohon Gelar Rakor LPPD

Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh saat membuka kegiatan
Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh saat membuka kegiatan

MANADO, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon selang 5-7 Maret 2020 menggelar Rapat Koordinasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2019 di Hotel Gran Puri Manado.

Kegiatan dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA melalui Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh dengan peserta para penyusun LPPD di tiap perangkat daerah.

Saat menyampaikan sambutan wali kota, sekretaris kota mengatakan, LPPD merupakan salah satu indikator evaluasi pemerintah pusat terhadap jalannya roda pemerintahan baik di tingkat provinsi, kabupaten maupun kota.

Peserta Rakor Penyusunan LPPD
Peserta Rakor Penyusunan LPPD

‘’LPPD menjadi tolok ukur dari pemerintah pusat untuk menilai tingkat kemampuan setiap daerah dengan menggunakan sistem pengukuran kinerja serta indikator-indikatornya dan merupakan bahan evaluasi dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan daerah oleh pemerintah pusat,’’ kata Lolowang.

Narasumber, perwakilan dari kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yuditha Hardini dan Enggartiasto Tri Atmojo. Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jusak ST Pandeirot SPd MM.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tomohon Jureyke Pitoy SH MSi mengatakan, tujuan kegiatan adalah untuk menyatukan pandangan dan pemahaman serta persepsi terkait penyusunan LPPD tahun 2019 agar seluruh perangkat daerah dapat menyusun data LPPD dengan baik dan benar.

Juga untuk meningkatkan pengetahuan terhadap perubahan dan penyempurnaan penyusunan LPPD, serta diseminasi dan informasi yang efektif sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas dalam penyusunan LPPD. (ark)