JGE: Ikhlas dan Tanpa Pamrih, Tanda Cinta Tanah Air

Jilly gabriella Eman SE MM saat membawakan materi
Jilly Gabriella Eman SE MM saat membawakan materi

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Ketua Karang taruna Kota Tomohon Jilly Gabriella Eman SE MM (JGE) mengungkapkan, jika seseorang memiliki kecintaan terhadap tanah air, tentunya ia ikhlas tanpa pamrih dalam memajukan bangsanya.

Hal itu dikatakan JGE saat menjadi narasumber pada Pelatihan Bela Negara yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon Kamis (5/3/2020) di Homestay Walian satu Tomohon Selatan.

Dalam materi yang disampaikan JGE, secara literal cinta tanah air dapat diartikan sebagai sikap peduli dan bangga terhadap bangsanya sendiri. Dalam pengertian lain cinta tanah air merupakan perasaan suka dan senang yang muncul dari dalam hati seseorang kepada bangsa dan tanah airnya dengan tulus dan murni tanpa ada unsur-unsur yang memaksa.

Usai pembukaan kegiatan oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA
Usai pembukaan kegiatan oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA

‘’Rasa cinta ini sering mendorong seseorang untuk berbuat dan melakukan sesuatu dengan ikhlas dan tanpa pamrih untuk kebaikan dan kemajuan bangsa yang ia cintai, dalam hal ini Bangsa Indonesia,’’ papar JGE.

Bentuk cinta tanah air lanjutnya, antaranya dengan aktif dalam pembangunan nasional, tekun belajar menggapai cita–cita yang kelak bermanfaat bagi orang banyak, melestarikan kebudayaan, menjaga kelestarian lingkungan, hidup rukun dan harmonis, menjaga keamanan dan ketertiban dan banyak lagi hal-hal positif yang bisa dilakukan sebagai bentuk pengaktualisasian cinta tanah air.

Kegiatan itu sendiri dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA . Narasumber lainnya, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh, Danramil Tomohon Kap Inf Sulistyo, Ketua LPM Kota Tomohon Dr Rooije RH Rumende SSi MKes.

Hadir Kaban Kesbangpol Ronny Lumowa SSos MSi serta peserta terdiri dari unsur pers, LPM, pelajar/mahasiswa, Forum Pembauran Kebangsaan Kota Tomohon. (ark)