Ratusan Anggota Korpri di Sulut Ikuti Sosialisasi Inovasi Kemudahan Pelayanan Bagi Peserta JKN -KIS

JKN KISMANADO (manadotoday.co.id) – Ratusan anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Provinsi Sulawesi Utara, Kamis 27 Februari 2020 mengikuti sarasehan dan sosialisasi inovasi kemudahan pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Hotel AryaDuta, Kota Manado.

Menurut Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari, menggandeng Korpri, merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai Program JKN-KIS.  “Harapan kami, pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai program JKN-KIS dapat meningkat sehingga bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan dengan lancar. Selain itu, sosialisasi ini juga dapat mendorong partisipasi dan peran masyarakat dalam menyokong program JKN-KIS. Kami ucapkan terima kasih kepada pengurus besar KORPRI yang terus berkomitmen mendukung program ini,” kata Andayani.
JKN KISAndayani menguraikan, setidaknya ada lima ekspektasi peserta dari pelayanan JKN, diantaranya kemudahan memperoleh informasi terkait program KN-KIS, kemudahan dan kecepatan mendaftar, kemudahan dan kepastian membayar iuran, mendapatkan jaminan di fasilitas kesehatan, serta menyampaikan keluhan dan memperoleh solusi.

Lebih lanjut ungkap Andayani, dari sisi kemudahan dan dalam memperoleh informasi, BPJS kesehatan telah mengembangkan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini merupakan one stop servise yang terus dikembangkan BPJS Kesehatan dan dapat digunakan untuk memperoleh informasi, mendaftarkan diri, membayar iuran, mengetahui informasi kepesertaan, informasi kesehatan. “Kedepan akan dikembangkan sistem antrian pelayanan kesehatan,” ujar Andayani.

BPJSDisisi lain, Andayani berharap, sinerginya BPJS dengan organisasi peserta dapat menjadi media yang efektif dalam menyalurkan informasi terbaru JKN KIS kepada anggota organisasi. BPJS Kesehatan juga siap menerima masukan konstruktif dari organisasi peserta demi perbaikan dan kemajuan program JKN-KIS.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE melalui Asisten I Setdaprov Sulut, Edison Humiang mengapresiasi kegiatan sarasehan bersama BPJS Kesehatan. Hal ini,  sangat penting untuk mengetahui kebijakan ataupun jenis pelayanan yang diterapkan.

“Kami mengapresiasi BPJS Kesehatan yang menggelar kegiatan ini. Akan lebih baik lagi, jika semua ASN dapat mengikuti bersama kegiatan sarasehan ini supaya tahu betul manfaat dan kebijakan terbaru yang diterapkan saat ini,” tegas mantan Sekda Kota Bitung itu.

Kegiatan sarasehan ini turut dihadiri Ketua Derparteman Litbang dan Iptek Korpri Ony Bibin Bintoro, Deputi Direksi BPJS Wilayah Suluttenggomalut Chandra Nur Cahyo, Asisten Deputi BPJS Wilayah Suluttenggomalut dr Hendra Rompas, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado Prabowo. (hma)