Pengurus Mabimcab dan Kwarcab Kabupaten Mitra Periode 2020-2025 Resmi Dilantik

Pengurus Mabimcab Dan Kwarcap Kabupaten Mitra Periode 2020-2025 Resmi di LantikRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabimcab) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang diketuai oleh James Sumendap SH, serta pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Mitra Djein Leonora Rende SE,Ak, masa bakti 2020-2025 resmi dilantik di sport hall Kantor Bupati Rabu (27/2/2020).

Pelantikan Mabimcab dilakukan Sekretaris Kwarda Sulut Maurits Berhandus sementara pelantikan pengurus Kwarcab oleh Ketua Mabicab Mitra James Sumendap SH.

Ketua Mabimcab James Sumendap dalam sambutannya mengatak­an, keberadaan gerakan pramuka, kepanduan, sangatlah penting dalam membentuk akhlak generasi muda.

“Apalagi kemajuan teknologi sekarang ini, sangatlah berpengaruh terhadap mental dan karakter anak. Keberadaan pramuka kini sudah ditunjang dengan UU 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan ini kiranya dapat berjalan baik di Mitra dengan kepengurusan yang ada,” ungkap Sumendap yang juga Bupati Mitra ini.

Menurut JS, pramuka juga mengartikan jiwa muda yang suka berkarya karena Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga, dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka.

“Tentunya dengan prinsip dasar Kepramukaan dan metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur, Pramuka juga mengartikan jiwa muda yang suka berkarya. Ingat itu,” tandas James Sumendap.

Sementara, Ketua Kwarcab Mitra Djein Leonara Rende mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya memajukan sifat kepanduan generasi muda di Mitra dengan melaksanakan metode yang ada.

“Dahulu kegiatan pramuka banyak digemari, tapi sekarang rupanya sudah kurang. Ini yang menjadi tugas kami, yakni membangkitkan kembali semangat kepanduan demi menciptakan karakter, mental dan akhlak generasi penerus kita,” tukas Ketua TP-PKK ini.

Pada kesempatan tersebut, Anggota DPRD Provinsi sulut ini juga mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan, dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Mitra dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olaraga dapat membantu program kegiatan dari Pramuka yang nanti akan dijalankan.

“Saya berharap Pemkab Mitra dapat menganggarkan dana hibah bagi Pramuka dalam menjalankan program yang akan dijalankan oleh Pramuka, kedepan,”harap DLR.

Sementara Ketua Kwarda melalui Sekretaris Maurits Bernhandus memberikan apresiasi atas kepengurusan yang baru, baik Mabimcab maupun Kwarcab Mitra, serta menjelaskan sebagian agenda kegiatan Pramuka, baik tingkat nasional maupun international.

“Kami memberikan apresiasi kepada pihak pemerintah daerah yang mendukung kegiatan Kepramukaan ini. Seluruh agenda kegiatan Kepramukaan bertujuan untuk membangun jiwa kepanduan, tanpa melupakan Dasa Dharma Pramuka atau janji setia pramuka,”pungkas Maurits Berhandus.

Hadir dalam pengukuhan tersebut Wakil Bupati Drs Jocke Legi, Sekda Mitra David Lalandos AP.MM, jajaran eselon II Mitra yang menjadi pengurus Mabicab, kKtua DPRD Marty Ole serta anggota DPRD Mitra dan DPRD Provinsi serta Forkopimda Mitra.(ten)