Innov: GSVL Berdayakan Koperasi, UMKM dan Kelompok Tani

WhatsApp Image 2020-02-20 at 7.15.55 AMMANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota Manado G.S Vicky Lumentut melalui Dinas Koperasi dan UMKM bertekat memberdayakan koperasi, UMKM dan kelompok tani.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Manado, Innov Walelang, S.Sos, MSi mengatakan, pak walikota begitu antusias.mengembangkan koperasi dan UMKM termasuk kelompok tani guna membangkitkan ekonomi kerakyatan.

Menurut Innov, sektor koperasi dan UMKM perlu ditunjang sehingga bisa menopang ekonomi daerah bahkan bangsa Indonesia. Sektor UMKM misalnya, terbukti taham banting meskipun dalam situasi krisis ekonomi.

“Usaha besar berjatuhan namun UMKM tetap bertahan dan eksis sehingga bisa menopang perekonomian.”kata dia.

Dikatakan, saat ini Kota Manado memiliki 17 ribuan UMKM yang sedang dibina. Bahkan Walikota fokus pada upaya penambahan UMKM baru agar ekonomi rakyat bergerak.

“Pak walikota inginkan Dinas Koperasi menciptakan UMKM baru di setiap kelurahan” kata Walelang.

Selain itu, walikota juga sedang memberdayakan kelompok tani guna memberdayakan lahan tidur. Bisa ditanami jagung, kedelai, cabe dan lain lainnya sehingga bisa menambah pendapatan masyarakat.

“Kelomppk tani diberdayakan untuk memanfaatlkan lahan tidur” ujar mantan Kabag Orpeg Pemkot Manado ini.

Khusus UMKM, Pihaknya terus melakulan penguatan sumberdaya melalui pelatihan pelatihan bekersama dengan pohak bank. Sebab kendala selama ini adalah keterbatasan modal.

“Jika SDM sudah memadai perlu ditopang dengan permodalan dan itu perlu kerjasama dengan perbankan” kata mantan Sekertaris BKD Manado dengan nada serius.

Sekertaris Dinas Koperasi dan UMKM Sony Sondakh mengatakan, upaya memberdayakan UMKM terus dilakukan meski dengan keterbatasan anggaran. Karena ada 17 ribuan UMKM yang terdaftar dan mereka adalah penggerak ekonomi yang tahan terhadap krisis ekonomi. (Meldi)