Pelabuhan Pariwisata Berskala Internasional Segera Dibangun di Sulut

pelabuhan pariwisata
Peletakan batu pertama pembangunan pelabuhan pariwisata di kawasan Manado Marina Bay, dan penandatanganan MoU antara PT. Pelindo IV (Persero) dengan PT. Pembangunan Perumahan (PP).

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pengembangan pembangunan sektor pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus dilakukan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD – SK).

Kali ini, pembangunan pelabuhan pariwisata berskala internasional, segera dibangun di Manado, yakni di kawasan Manado Marina Bay.

Pembangunan pelabuhan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Olly Dondokambey, Kamis (13/2/2020).

Pada kegiatan yang ditandai pula dengan penandatanganan MoU antara PT. Pelindo IV (Persero) dengan PT. Pembangunan Perumahan (PP), dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Andrei Angouw, jajaran PT. Pelindo IV (Persero), PT. Pembangunan Perumahan (PP) dan para pelaku pembangunan sektor pelabuhan.

“Sulawesi Utara akan segera memiliki pelabuhan pariwisata berskala internasional,” ujar Olly usai peletakan batu pertama MMB.

Pada kesempatan itu, Olly pula memberikan apresiasi kepada stakeholders terkait dalam pembangunan pelabuhan pariwisata tersebut. Sebagai informasi, pembangunan MMB merupakan upaya yang bernilai konstruktif dalam rangka pemantapan pembangunan daerah melalui sektor perhubungan atau pelabuhan dan pengembangkan sarana penunjang pariwisata.

Selain sektor perhubungan atau konektivitas yang menjadi salah satu fokus pengembangan daerah ini menuju kemajuan, Pemprov Sulut juga telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu leading sector pembangunan daerah.

Komitmen ini tercermin langsung pada salah satu poin dalam sapta cita pembangunan daerah saat ini, yakni “mewujudkan Sulawesi Utara sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berdaya saing”

Karenanya, MMB akan turut mampu menstimulus perkembangan sektor perhubungan dan pariwisata di Sulawesi Utara, khususnya dalam pelayanan angkutan laut, sehingga kedepannya akan menambah jumlah wisatawan domestik dan macanegara yang berkunjung ke Sulut.

Selain membangun MMB, PT. Pelindo IV juga akan melakukan pengembangan Pelabuhan Manado. Pengembangan ini berupa membangun dermaga 4 ukuran 6×10 meter persegi, pengerukan kolam pelabuhan kedalaman -4 LWS, pembangunan terminal penumpang dengan luas 1.600 meter persegi dan lapangan penumpukan seluas 2.150 meter persegi.

Nampak hadir pada acara peletakan batu pertama tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Sulut Lynda Watania, dan tamu undangan lainnya. (ton)