Harga Kopra Anjlok, Produk Olahan Turunan Kelapa Dinilai Solusi Naikkan Harga Jual

Josua Tongku
Josua Tongku

MANADO, (manadotoday.co.id) – Belakangan ini Petani Kelapa di Sulawesi Utara sedang diperhadapkan dengan harga Kopra yang nilai jualnya terus mengalami penurunan.

Menyikapi permasalahan tersebut, salah satu pelaku usaha asal Manado Yosua Tongku, menyarankan para Petani Kopra memanfaatkan produk olahan turunan Kelapa yang bernilai ekonomi tinggi.

“Artinya bagaimana Petani tidak hanya bergantung pada produk Kopra. Namun juga memanfaatkan peluang hasil turunan kelapa menjadi bahan baku kuliner dan sejenisnya,” kata Tongku pegiat usaha di bidang Pariwisata ini.

Dalam mengembangkan hasil turunan kelapa ini, Tongku menyarankan pemerintah juga memberi peran dengan menggandeng para pelaku usaha Kuliner, jasa Catering, Perhotelan, Restourant untuk menjual menu makanan yang menghunakan bahan baku kelapa.

“Contoh menu Es Kelapa Muda, Klappertart, Menu makanan yg gunakan santan kelapa cukur ( bukan santan instant Kara hehe ), menjual nasi jaha, menjual kue2 yg gunakan santan kelapa, serta makanan lainnya berbahan baku kelapa. Saya kira hal ini akan berpengaruh meningkatnya harga kelapa,” ujar sosok yang pernah mengelolah jasa Restaurant dan Hotel di beberapa Kota besar di Indonesia ini.

Upaya lainnya yang perlu dilakukan pemerintah dalam mencari solusi turunnya harga Kopra, yakni mengundang pertemuan semua stake holder di sektor, Kuliner, Pariwisata dan Perdagangan untuk sosialisasi penggunaan bahan baku kelapa yang ditindaklanjuti dengan MoU. Apalagi banyak perusahaan pariwisata dan kuliner di Sulawesi Utara.

“Disamping itu juga peran pemerintah memfasilitasi pelatihan bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) cara mengolah hasil turunan kelapa yang bernilai ekeonomis tinggi,” sarannya.

Nah untuk jangka panjang Tongku menyarankan, Gubernur/Bupati/­Walikota se Sulut mengandeng atau mendatangkan Investor pembuat Santan Instan ( seperti Santan Kara ) dan pabrik Minyak kelapa Modern dengan bahan baku kelapa dalam bukan sawit.

“Solusi harga Kopra ini langkah tepat asal diseriusi pemerintah. Namun jug yang terpenting bagaimana peran masyarakat Sulut, secara masif menggunakan makanan berbahan baku kelapa dan Minyak Goreng Kelapa Dalam bukan Sawit, pastinya akan,” tukas General Manager Mucelo Family Karaoke Manado dan sebagai Wakil Ketua Asosiasi Hiburan Malam dan Rekreasi (ASHIRI) Kota Manado. (lou)