Pemprov Sulut Ibadah Syukur Empat Tahun Kepemimpinan OD – SK

foto 1
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, didampingi Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dan Wakil Ketua TP PKK dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, memasang lilin perayaan empat tahun kepemimpinan.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pasangan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw atau OD – SK genap empat tahun memimpin Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (12/2/2020).

Ulang tahun kepemimpinan ini, dirayakan lewat ibadah syukur yang digelar Pemprov Sulut di Aula Mapalus kantor gubernur Sulut, yang dipimpin Pdt. M.L. Rindengan.

Ibadah syukur ini turut dihadiri Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen, serta seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD), pegawai dan THL di lingkup Pemprov Sulut.

Olly dalam sambutannya mengatakan, empat tahun kepemimpinan ODSK di Sulut merupakan kasih dan berkat Tuhan yang perlu dijawab dengan kerja dan karya yang semakin paripurna.

foto 2
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, didampingi Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dan Wakil Ketua TP PKK dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, bersama Sekdaprov Sulut Edwin Silangen dan para Kepala OPD Pemprov Sulut.

“Sudah tahun keempat ODSK memimpin. Sebagai orang yang percaya apa yang kita buat harus kita syukuri terus agar Tuhan selalu menyertai,” ujarnya.

Olly menuturkan kepemimpinan Daud yang disampaikan sebelumnya dalam materi khotbah Pdt. ML Rindengan, bahwa kunci utama keberhasilan kepemimpinan adalah kebersamaan.

“Bagaimana kepemimpinan itu berhasil jika kita selalu bersama. Mari bersama-sama membangun Sulut. Ini juga komitmen kami dalam menjalankan pemerintahan,” katanya.

Olly juga berharap kepada seluruh ASN untuk bekerja giat mendukung optimalnya pembangunan daerah demi kesejahteraan masyarakat Sulut.

“Seperti baterai alkaline yang memiliki daya tahan lama dan dapat digunakan terus-menerus, saya harap semuanya dapat bekerja optimal bagi masyarakat Sulut,” tukasnya.

Olly menambahkan, semua pencapaian yang diperoleh Daerah Bumi Nyiur Melambai hingga kini karena dukungan segenap komponen masyarakat Sulut terhadap visi dan misi Pemprov Sulut yang ditetapkannya bersama Wagub Kandouw diawal kepemimpinan OD – SK pada tahun 2016.

foto 3
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, didampingi Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dan Wakil Ketua TP PKK dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, bersama Sekdaprov Sulut Edwin Silangen dan para Kepala OPD Pemprov Sulut, ketika mengikuti ibadah syukur empat tahun kepemimpinan.

Diketahui, visi tersebut adalah “Terwujudnya Sulawesi Utara Berdikari dlm Ekonomi, Berdaulat dalam Pemerintahan dan Politik, serta Berkepribadian dalam Budaya”.

Sementara misi yakni;

  1. Mewujudkan kemandirian ekonomi dgn memperkuat sektor pertanian dan sumberdaya kemaritiman sbg penjabaran provinsi kepulauan, serta mendorong sektor industri dan jasa.
  2. Memantapkan pembangunan sumber daya manusia yg berkepribadian dan berdaya saing.
  3. Mewujudkan Sulut sbg destinasi investasi dan pariwisata yg berdaya saing.
  4. Mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yg tinggi maju dan mandiri.
  5. Memantapkan pembangunan infrastruktur berlandaskan prinsip pembangunan berkelanjutan.
  6. Mewujudkan Sulut sbg pintu gerbang Indonesia di kawasan timur.
  7. Mewujudkan Sulut yg berkepribadian melalui tata kelola pemerintahan yg baik.

Sementara dalam kurun waktu 4 tahun kepemimpinan OD – SK, keamanan dan kerukunan di daerah senantiasa stabil, dimana berdasarkan hasil survey terakhir dari Kementerian Agama RI, indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Sulawesi Utara berada pada peringkat ke-4 dari 34 Provinsi di Indonesia.

Keamanan dan kerukunan adalah modal dasar dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan sehingga harus terus dipertahankan.

foto 4
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, didampingi Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dan Wakil Ketua TP PKK dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, didoakan para Pendeta pada ibadah syukur empat tahun kepemimpinan.

Disamping itu, jika dilihat secara makro, perkembangan Sulut menunjukan progres yang positif. Pertumbuhan ekonomi daerah dari tahun 2016 hingga tahun 2019 selalu berada diatas 6% dan juga berada diatas diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

Capaian yang paling signifikan yang telah mampu ODSK torehkan selama 4 tahun ini, adalah penurunan angka kemiskinan melalui program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK). Diawal kepemimpinan ODSK, kemiskinan di Sulawesi Utara berada pada angka 8,98%. Sampai akhir tahun 2019, kita berhasil menurunkan 1 digit angka kemiskinan di daerah ini hingga mencapai 7,51%.

Penurunan angka kemiskinan telah menjadikan program ODSK mendulang sukses, dimana program ODSK telah menerima penghargaan TOP 99 Inovasi Pemerintah Daerah, serta Penghargaan Adhi Purna Prima Award, sebagai provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah se-pulau Sulawesi.

Terkait penghargaan, masyarakat juga patut berbangga karena buah dari upaya kita mengendalikan inflasi dan gejolak harga di daerah, telah turut menjadikan Sulut ditetapkan sebagai salah satu Provinsi terbaik di Indonesia dalam hal pengendalian inflasi daerah.

Secara year on year, Inflasi di Sulawesi Utara pada akhir tahun 2019, masih terkendali dan sesuai dengan target Provinsi dan Nasional, yakni 3%.

Kemudian, ODSK juga mampu meningkatkan dan mempertahankan IPM di daerah ini, dari angka 71,05 di tahun 2016 menjadi 72,20 pada tahun 2019. Bahkan Nilai Tukar Petani (NTP) kita terus mengalami peningkatan, terlebih Nilai Tukar Nelayan (NTN) yang sudah diatas 100%.

Berkat intervensi pasar yang bersama-sama kita usahakan, harga kopra saat ini naik dari Rp.5000/Kg menjadi Rp.8000/Kg.

Selain itu, progres pembangunan sektor pariwisata Sulut Kita juga patut bersyukur terus menunjukan peningkatan yang signifikan. Sarana dan prasarana pendukung di sektor pariwisata harus terus dibenahi, terlebih pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang yang telah ditetapkan sebagai salah 1 dari 5 destinasi super prioritas di Indonesia.

OD – SK masih sangat membutuhkan dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat agar pembangunan di Sulawesi Utara terus berjalan optimal. Mari kita terus bersinergi, kita lahirkan inovasi-inovasi konstruktif, kita hasilkan terobosan-terobosan dan lompatan-lompatan strategis untuk memacu berbagai sektor pencapaian yang ada, dan membawa Sulut semakin hebat lagi. (*/ton)