Jelang Pilgub, Kapolres Mitra Himbau Warga Bijak Gunakan Media Sosial

Jelang Pilgub, Kapolres Mitra Himbau Warga Bijak Gunakan Media SosialRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020, Kapolres Minahasa Tenggara (Mitra) AKBP Robby Rahardian S.I.K, menghimbau agar masyarakat Mitra bijak menggunakan media sosial.

Menurut Kapolres Bahwa, maraknya ujaran kebencian (hate spech) dan berita bohong (hoax) di Medsos ini di tahun politik jangan membuat masyarakat mudah terpancing, agar pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur bisa berjalan aman damai dan nyaman.

“Saya mengharapkan, warga masyarakat Mitra agar bijak menggunakan medsos dan jangan menghasut, tebarkan kebencian terhadap individu dan atau kelompok masyarakat dalam bentuk penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menyenangkan, provokasi, penghasutan, dan semua tindakan itu bisa berdampak pada tindak diskriminasi, kekerasan, penghila ngan nyawa, dan atau konflik sosial,”ujar Kapolres Mitra, Selasa (4/2/2020).

Kapolres menambahkan, agar warga masyarakat cerdas dalam bermedia sosial, periksa informasi yang diterima jangan menyebarkan berita Hoax.

“Masyarakat dalam bermedia sosial harus mematuhi ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik. Telah dirubah dan ditambah sebagaimana Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008, Setiap orang yang dengan sengaja melanggar ketentuan Undang-Undang tersebut akan dilakukan tindakan Kepolisian secara tegas sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku,”pungkas Kapolres.

Jika warga masyarakat mengetahui, menemukan perorangan atau kelompok melakukan hate speech dan atau menyebarkan berita Hoax, laporkan ke Polsek atau Polres terdekat dan jangan melakukan perkusi.

“Jika warga masyarakat mendapati ada pemberitaan demikian, segera melaporkan hal tersebut ke pihak Polsek terdekat ataupun pihak Polres Mitra sendiri dan kami siap melayani keluhan dari masyarakat,”tutup Kapolres. (ten)