Putus Kontrak Dengan BPJS Kesehatan, Masyarakat Mitra Bisa Gratis Berobat di Rumah Sakit

Pasca Putus Kontrak Dengan BPJS KesehatanRATAHAN,(manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) akhirnya dapatkan solusi pasca pemutusan kontrak kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Saat ini masyarakat Mitra diberikan pengobatan gratis jika berobat ke Rumah Dakit Umum Daerah (RSUD) Minahasa Tenggara.

Khusus pemegang kartu jaminan kesehatan Jamkesda, Bupati James Sumendap SH mengambil langkah, masyarakat yang berobat hanya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Mitra di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mitra.

Pada tahun 2020 Pemkab Mitra sudah tidak kerjasama lagi dengan BPJS Kesehatan khususnya Jamkesda, alternatif dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra akan meningkatkan kepelayanan kesehatan di RSUD dan seluruh Puskesmas di Mitra.

“Dengan kenaikan biaya BPJS kesehatan, sehingga membuat Pemkab Mitra sudah tidak lagi bekerjasama dengan BPJS Kesehatan khususnya pemegang Kartu jaminan Kesehatan Jamkesda. Sehingga kami akan lebih lagi tingkatkan kepelayanan kesehatan baik di seluruh Puskesmas dan RSUD Mitra,”ujar Kadis Kesehatan dr Helny Ratuliu.

Dirinya menjelaskan, pembenahan di RSUD Mitra sendiri diantaranya akan menambah fasilitas serta alokasi dana untuk pemegang kartu jaminan Kesehatan Jamkesda sebesar 16 Miliar akan dibicarakan apakah akan diarahkan ke RSUD ataupun di Puskesmas.

“Pada awal bulan Februari nantinya, RSUD Mitra bakal menerima rawat nginap 1×24 jam. Sesuai instruksi Bupati, bagi warga masyarakat yang khususnya pemegang kartu Jamkesda. Akan di layani memakai KTP baik di RSUD ataupun di seluruh Puskesmas di Mitra,”pungkasnya.

Namun ia mengakui, ada belasan pegawai kesehatan yang telah dimutasikan ke RSUD Mitra. Sambil menunggu hasil seleksi CPNS 2020, akan diarahkan untuk masuk ke RSUD Mitra.

“Sambil menunggu hasil CPNS 2020 khususnya tenaga Kesehatan, per bulan Februari tetap kami akan buka rawat ginap. Tadi saja saya telah turun langsung ke Puskesmas dan RSUD, melihat apa saja yang menjadi kekurangan. Sehingga kami akan berusaha untuk mengisinya,”tutupnya­. (ten)