Sambut Manado Fiesta 2020, Dispar Mantapkan Pelaksanaan Cap Go Meh dan Upacara Adat Tulude

Sambut Manado Fiesta 2020, Dispar Mantapkan Pelaksanaan Cap Go Meh dan Upacara Adat Tulude

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dinas Pariwisata Kota Manado melaksanakan rapat persiapan perayaan Cap Go Meh dan Upacara Adat Tulude yang digelar dalam rangka menyambut Manado Fiesta 2020 di ruang rapat Bapelitbanda, Kantor Walikota Manado, Rabu (29/1/2020).

Ketua Panitia Upacara Adat Tulude, Pontowuisang Kakauhe mengatakan, untuk prosesi Arak-arakan Kue Tamo Adat Tulude nanti dimulai dari gereja GMIM Sentrum Manado dan berakhir di lapangan Sparta Tikala.

“Di prosesi arak-arakan nanti akan dimeriahkan dengan pegelaran seni budaya seperti barongsai, qasidah, masamper dan ada beberapa yang nanti ditambahkan panitia. Pokoknya akan dikemas meriha dan lebih baik dari tahun lalu,”ungkap Sekretaris Dispora Kota Manado ini.

Ia mengatakan, Upacara Adat Tulude nanti akan dihadiri ribuan orang Nusa Utara yang tinggal di Kota Manado termasuk anggota Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud (IKISST).

“Berkaca dari tahun lalu tidak hanya masyarakat Nusa Utara yang hadir, tapi juga banyak masyarakat Kota Manado yang datang menyaksikan upacara adat ini. Pokoknya kami panitia akan berusaha berikan yang terbaik,”kata Pontowuisang, sembari menambahkan tanggal pelaksanaan masih akan dibicarakan lebih lanjut oleh panita.

Sementara itu, Panitia Perayaan Cap Go Meh, Sufandi Siwi mengatakan, untuk perayaan tahun ini akan diikuti oleh enam dari 10 klenteng yang ada di Kota Manado.

“Ada enam yang absen salah satunya klenteng besar Ban Hin Kiong. Tanggal pelaksanaan sudah ditetapkan pada 8 Februari nanti. Untuk roundown kegiatan mungkin mirip dengan tahun lalu, tapi saat prosesi nanti akan ditambah beberapa pagelaran seni budaya agar lebih semarak,”tukas Siwi.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado, Lenda Pelealu mengajak seluruh masyarakat untuk datang menyaksikan dua iven adat andalan Kota Manado tersebut.

“Mari datang dan saksikan, mari kita sambut Manado Fiesta 2020,”ujar Pelealu.(ryan)