Pengadaan Incinerator Dikritik Legislator, GSVL: Tunggu Selesai Uji Coba Baru Bicara

Wali kota saat memantau alat incinerator di Kecamatan Wanea

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pengadaan alat incinerator (pembakar sampah) yang mendapat kritikan pedas dari sejumlah anggota DPRD Kota Manado karena belum difungsikan mendapat respon dari Wali Kota G.S Vicky Lumentut.

Ditemui usai menggelar kunjungan kerja di Kecamatan Wanea, Rabu (22/1/2020), Lumentut mengatakan bahwa alat incinerator saat masih akan masuk dalam proses uji coba.

Baca Juga:
1 of 2.258

“Ini masih sementara diselesaikan, kalau setelah uji coba tapi tidak berjalan bolehlah dikatakan tidak berhasil dan segala macam. Ini kan masih dikerjakan,”ketus Lumentut.

Lanjutnya menjelaskan, alat incinerator yang dibeli sudah dikonsultasikan lebih dulu dengan Kementerian Lingkungan Hidup dengan menurut mereka alat pembakar sampah temperaturnya tidak boleh dibawah 800 celcius.

“Yang kita datangkan ini 1.200 celcius. Alat ini di Jakarta ditempatkan di sebelah masjid dan pemukiman, perumahan. Jadi ini sudah sesuai kajian. Lebih baik dicek dulu, jangan asal bicara,”tukas Lumentut.

Diketahui, Pemkot Manado mendatangkan lima alat incinerator dengan banderol Rp 11,5 M untuk mensiasati kondisi TPA Sumompo yang sudah tidak mampu lagi menampung sampah. Dengan alat tersebut, seluruh sampah akan diselesaikan dengan cara dibakar di setiap kecamatan. (ryan)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.